Presiden Dewan Eropa Michel Sulit Tidur setelah Insiden Sofa di Turki

loading...
Presiden Dewan Eropa Michel Sulit Tidur setelah Insiden Sofa di Turki
Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen berdiri saat Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Presiden Turki Tayyip Erdogan duduk di Ankara, Turki, 6 April 2021. Foto/REUTERS
BERLIN - Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengalami malam yang buruk karena rasa malunya atas insiden pengaturan tempat duduk pada pertemuan di Ankara, Turki , pekan ini.

Pengakuan itu diungkapkannya pada surat kabar Jerman, Handelsblatt.

Presiden perempuan pertama Komisi Eropa Ursula Von der Leyen menyatakan keterkejutannya dan mengangkat tangan tidak percaya ketika dia melihat Michel telah mengambil satu-satunya kursi yang tersedia di sebelah Presiden Turki Tayyip Erdogan pada pertemuan tersebut.

Baca juga: Uni Eropa Kecam Turki Terkait Insiden 'Sofagate' Von Der Leyen

Dalam kejadian itu, tertangkap kamera, Ursula Von der Leyen akhirnya didudukkan ke sofa, yang letaknya lebih jauh dari kursi Erdogan.



Baca juga: Iran Aktifkan Sentrifugal Canggih untuk Pengayaan Uranium

"Saya tidak merahasiakan fakta bahwa saya tidak bisa tidur nyenyak di malam hari karena adegan itu terus berulang di kepala saya," ungkap Michel kepada Handelsblatt.

Baca juga: Anggota Parlemen Israel Dipukuli Polisi karena Protes Permukiman Yahudi

Dia menambahkan jika memungkinkan dia akan kembali pada peristiwa itu dan memperbaikinya.

Komisi Eropa mengecam perlakukan Turki yang tidak menyediakan kursi bagi ketuanya, Ursula von der Leyen, saat bersama rekannya Presiden Dewan Eropa Charles Michel bertemu Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan .



Dalam video pertemuan Selasa di Ankara tampak Ursula Von der Leyen terlihat bingung ketika Erdogan dan Michel mengambil dua kursi di depan bendera Uni Eropa dan Turki.

"Ehm," gumam Ursula Von der Leyen, sambil mengangkat tangannya dengan putus asa.

Akhirnya dia duduk di sofa agak jauh dari rekan-rekannya, di seberang Menteri Luar Negeri Turki, seseorang di bawahnya dalam urutan protokol diplomatik.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top