Cuma Nonton Saat Wanita Asia Diserang Pria AS, Penjaga Pintu di New York Dipecat

loading...
Cuma Nonton Saat Wanita Asia Diserang Pria AS, Penjaga Pintu di New York Dipecat
Dua penjaga pintu di New York dipecat setelah hanya menonton saat seorang wanita Asia diserang pria AS. Foto/BBC
NEW YORK - Dua penjaga pintu di New York dipecat setelah mereka tidak melakukan tindakan saat seorang wanita Asia diserang seorang pria Amerika Serikat (AS). Wanita berusia 65 tahun itu dirawat di rumah sakit setelah dia ditinju dan ditendang berulang kali pada bulan lalu.

Video CCTV yang merekam serangan itu menunjukkan staf di gedung Manhattan hanya menonton tanpa mengambil tindakan.

The Brodsky Organization, pemilik gedung, mengatakan para penjaga pintu itu baru membantu wanita itu setelah pelaku penyerangan pergi.

Pernyataan dari pemilik gedung kepada CNN mengatakan bahwa setelah tersangka melarikan diri dari tempat kejadian, penjaga pintu membantu wanita itu dan menurunkan sebuah kendaraan polisi. Namun, ia menambahkan bahwa protokol darurat dan keselamatan yang diperlukan tidak diterapkan.

"Kami sangat putus asa dan terkejut dengan kejadian ini, dan hati kami tertuju pada korban," tambah mereka seperti dikutip dari BBC, Rabu (7/4/2021).



Baca juga: Terekam Kamera, Pria di AS Hajar Seorang Wanita Asia 65 Tahun

Serikat pekerja yang mewakili anggota staf mengatakan kepada New York Times dalam sebuah pernyataan bahwa karyawan tersebut memang membantu wanita tersebut.

Dalam video yang lebih panjang yang diperoleh New York Times, seorang pengantar barang tampaknya menjadi satu-satunya saksi ketika serangan itu terjadi dan penjaga pintu keluar kemudian, bergerak menuju pintu dan kemudian menutupnya. Semenit kemudian mereka terlihat berjalan di luar.

Kyle Bragg, presiden serikat 32BJ SEIU, mengatakan bahwa para karyawan telah memulai proses untuk menentang pemecatan mereka.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya kejahatan anti-Asia setelah pandemi, termasuk serangan mematikan di Atlanta di mana tiga wanita keturunan Asia termasuk di antara delapan orang yang tewas.



Tersangka dalam penyerangan New York, Brandon Elliot, telah didakwa dengan dua tuduhan penyerangan sebagai kejahatan rasial dan satu tuduhan percobaan penyerangan sebagai kejahatan rasial.

Rekaman yang dibagikan oleh polisi menunjukkan seorang pria mendekati seorang wanita di jalan dan menendangnya ke tanah. Saat dia berbaring di tanah di luar pintu masuk gedung, dia menendangnya lagi di perut dan wajahnya.

Staf di gedung itu tampak menyaksikan serangan tersebut dan penjaga pintu terlihat menutup pintu. Penjaga pintu diskors setelah serangan itu, menunggu penyelidikan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top