Indonesia dan Inggris Teken Kerjasama Penanggulangan Terorisme

loading...
Indonesia dan Inggris Teken Kerjasama Penanggulangan Terorisme
Indonesia dan Inggris sepakat untuk memperkuat kerjasama di bidang penanggulangan terorisme. Foto/Kedubes Inggris
JAKARTA - Indonesia dan Inggris sepakat untuk memperkuat kerjasama di bidang penanggulangan terorisme. Penguatan kerjasama ini tercapai saat Menteri Luar Negeri Inggris , Dominic Raab melakukan kunjungan ke Jakarta.

Kerjasama tersebut, yang diteken oleh Raab dan kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar itu, dinilai akan menjadi dasar bagi kerjasama dalam bidang keamanan antara kedua negara.

"Penandatanganan MoU Penanggulangan Terorisme akan menjadi platform kami memperkuat kerja sama keamanan terhadap ancaman terorisme," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Baca juga: Selamatkan Milenial dari Terorisme, Duta Dunia Maya Diminta Perkuat Jaringan

"Saya juga menyambut baik upaya memperdalam kerja sama di bidang pertahanan khususnya melalui Kerjasama Dialog Pertahanan," sambungnya saat menggelar konferensi pers virtual dengan Raab pada Rabu (7/4/2021).

Retno kemudian menuturkan, kedepannya dia berharap Indonesia dan Inggris dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan lainnya. Baca juga: Menyuarakan Persatuan Dinilai Efektif Mencegah Paham Radikalisme



"Berharap bisa promosikan kerjasama di bidang industri pertahanan dan kapasitas sumber daya manusia, pembangunan Perdamaian, kerja sama kemanusiaan dan bantuan bencana, dan keamanan maritim," tukasnya.

Sementara itu, pada gilirannya, Raab mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat bagi kedua negara untuk memperkuat dan memperluas kerjasama, khususnya di bidang pertahanan dan keamanan.

"Kami sedang mempersiapkan kunjungan UK Carrier Strike Groupke wilayah ini pada akhir tahun dan saya pikir lagi dengan semua area lain yang dijelaskan Retno, kerja sama pertahanan, dan keamanan, itu adalah momen penting bagi kami untuk memperkuat area kolaborasi," ujarnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top