Biden: Pertumpahan Darah Myanmar Benar-benar Keterlaluan!

Senin, 29 Maret 2021 - 08:11 WIB
loading...
Biden: Pertumpahan Darah Myanmar Benar-benar Keterlaluan!
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengecam keras pertumpahan darah yang dilakukan pasukan keamanan junta terhadap pengunjuk rasa anti-kudeta di Myanmar . Dia mengatakan tindakan itu benar-benar keterlaluan.

Kecaman Biden disampaikan hari Minggu setelah pasukan keamanan junta Myanmar membunuh lebih dari 100 orang termasuk setidaknya tujuh anak.



Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan dan menahan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada 1 Februari. Kudeta itu memicu protes massa yang menuntut kembali ke demokrasi.

Pada hari Sabtu, setidaknya 107 orang tewas di berbagai wilayah Myanmar ketika pasukan keamanan menembaki para pengunjuk rasa.

"Ini mengerikan," kata Biden kepada wartawan dalam sambutan singkat yang dia berikan di negara bagian asalnya, Delaware.

"Ini benar-benar keterlaluan dan berdasarkan laporan yang saya dapatkan, banyak sekali orang yang terbunuh sama sekali tidak perlu."

Pembunuhan massal hari Sabtu terjadi setelah junta militer menggelar parade militer besar-besaran untuk merayakan Hari Angkatan Bersenjata.

Uni Eropa menggambarkan kekerasan mematikan itu sebagai tindakan yang tidak bisa diterima.

"Jauh dari merayakan, militer Myanmar kemarin telah membuat hari yang mengerikan dan memalukan," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Senin (29/3/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)