Akhir Pekan Berdarah di Myanmar, 114 Tewas dalam Aksi Protes Damai

Minggu, 28 Maret 2021 - 07:49 WIB
loading...
Akhir Pekan Berdarah di Myanmar, 114 Tewas dalam Aksi Protes Damai
Sebanyak 114 orang tewas dalam aksi protes paling berdarah di Myanmar pada akhir pekan kemarin sejak demonstrasi anti meletus. Foto/ABC.net.au
A A A
NAYPYITAW - Sebanyak114 warga sipil tewas di seluruh Myanmar pada Sabtu kemarin ketika junta militer terus menindak dengan keras aksi protes damai anti kudeta. Pembunuhan yang terjadi di 44 kota besar dan kecil di seluruhMyanmar itu akan menjadi hari protes paling berdarah sejak kudeta militer terjadi bulan lalu.

Menurut outlet berita independen, Myanmar Now, di antara mereka yang tewas dilaporkan adalah seorang gadis berusia 13 tahun. Korban ditembak di rumahnya setelah angkatan bersenjata junta melepaskan tembakan di daerah pemukiman Meikhtila, di wilayah Mandalay. Korban termasuk di antara 20 anak di bawah umur yang tewas sejak dimulainya protes.

Seorang anak laki-laki yang dilaporkan oleh media lokal berusia 5 tahun termasuk di antara setidaknya 29 orang tewas di Mandalay. Sedikitnya 24 orang tewas di Yangon, kata Myanmar Now, menurut Reuters.

"Hari ini adalah hari yang memalukan bagi angkatan bersenjata," kata Dr. Sasa, juru bicara CRPH, kelompok anti-junta yang dibentuk oleh anggota parlemen yang digulingkan, kepada sebuah forum online seperti dilansir dari CNN, Minggu (28/3/2021).

Sementara itu, salah satu dari dua lusin kelompok etnis bersenjata Myanmar, Serikat Nasional Karen, mengatakan telah menyerbu sebuah pos militer dekat perbatasan Thailand, menewaskan 10 orang - termasuk seorang letnan kolonel - dan kehilangan salah satu pejuangnya sendiri, Reuters melaporkan.



Seorang juru bicara militer tidak menanggapi panggilan dari kantor berita yang meminta komentar tentang pembunuhan oleh pasukan keamanan atau serangan pemberontak di posnya.

"Mereka membunuh kami seperti burung atau ayam, bahkan di rumah kami," kata Thu Ya Zaw di pusat kota Myingyan, di mana sedikitnya dua pengunjuk rasa tewas, menurut Reuters.

"Kami akan terus memprotes. Kami harus berjuang sampai junta jatuh," tegasnya.

CNN belum dapat mengkonfirmasi secara independen jumlah orang yang tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)