Biden Undang Putin dan Xi Jinping ke KTT Iklim Virtual

loading...
Biden Undang Putin dan Xi Jinping ke KTT Iklim Virtual
Presiden AS Joe Biden mengundang Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT Iklim virtual pada 22 April mendatang. Foto/Ilustrasi/Daily Express
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengundang para pemimpin China dan Rusia untuk berpartisipasi dalam KTT global tentang perubahan iklim pada bulan April. Hal itu dikatakan langsung Presiden AS Joe Biden .

"Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin termasuk di antara 40 pemimpin dunia yang diundang ke KTT 22-23 April," menurut pernyataan Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3/2021).

Pernyataan Gedung Putih mengatakan tujuan utama dari KTT Hari Bumi dan pertemuan terpisah di kota Glasgow Skotlandia pada bulan November adalah untuk menggalang upaya agar tetap dalam jangkauan tujuan membatasi pemanasan planet hingga 1,5 derajat Celcius.

Pemerintahan Biden diperkirakan akan mengumumkan apa yang disebut Gedung Putih sebagai "target ambisius 2030" untuk mengurangi emisi karbon pada saat pertemuan puncak.

Setiap target yang diumumkan Biden kemungkinan akan menghadapi tentangan dari Partai Republik yang khawatir bahwa presiden Demokrat akan mengorbankan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi sambil mengejar rencana iklimnya.



Baca juga: Biden: China Tak Akan Bisa Kalahkan AS Jadi Negara Terkuat di Dunia

"Biden mendesak para pemimpin dunia untuk menggunakan KTT itu sebagai kesempatan untuk menjelaskan bagaimana negara mereka akan berkontribusi pada pengurangan emisi," kata Gedung Putih.

Sedangkan Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum berbicara dengan kedua pemimpin itu tentang hal tersebut.

"Tetapi mereka tahu mereka diundang," ujarnya.

Biden, berbicara ketika dia meninggalkan Gedung Putih untuk akhir pekan di rumahnya di Delaware, juga mengatakan dia baru saja berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, menunjukkan subjeknya juga KTT iklim.



Iklim juga menjadi topik ketika Biden berbicara dengan para pemimpin Eropa pada hari Kamis dalam pertemuan virtual Dewan Eropa.

Baca juga: Tolak Proposal Pembicaran Biden-Putin, Rusia: AS Kembali Lewatkan Peluang Emas

KTT itu akan mempertemukan 17 negara yang bertanggung jawab atas 80 persen emisi global dan PDB global. Daftar 40 negara yang diundang termasuk Kanada dan Meksiko serta sekutu di Eropa dan Asia serta Israel, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Nigeria dan Afrika Selatan.

KTT global Hari Bumi tentang iklim adalah bagian dari upaya Biden untuk mengangkat perubahan iklim sebagai prioritas utama. KTT ini akan diadakan secara virtual dengan pembatasan pandemi dan akan disiarkan langsung untuk dilihat publik.

Perubahan iklim diyakini para pejabat AS sebagai salah satu area yang memungkinkan untuk melakukan bisnis dengan China dan Rusia, meskipun terdapat perbedaan yang mendalam pada sejumlah masalah lainnya.

Pada konferensi pers solo pertamanya sejak menjabat, pada hari Kamis, Biden menyebut Xi Jinping dan Putin sebagai pendukung otokrasi.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top