Biden Undang Putin dan Xi Jinping ke KTT Iklim Virtual

Sabtu, 27 Maret 2021 - 07:28 WIB
loading...
Biden Undang Putin dan Xi Jinping ke KTT Iklim Virtual
Presiden AS Joe Biden mengundang Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin ke KTT Iklim virtual pada 22 April mendatang. Foto/Ilustrasi/Daily Express
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengundang para pemimpin China dan Rusia untuk berpartisipasi dalam KTT global tentang perubahan iklim pada bulan April. Hal itu dikatakan langsung Presiden AS Joe Biden .

"Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin termasuk di antara 40 pemimpin dunia yang diundang ke KTT 22-23 April," menurut pernyataan Gedung Putih seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3/2021).

Pernyataan Gedung Putih mengatakan tujuan utama dari KTT Hari Bumi dan pertemuan terpisah di kota Glasgow Skotlandia pada bulan November adalah untuk menggalang upaya agar tetap dalam jangkauan tujuan membatasi pemanasan planet hingga 1,5 derajat Celcius.

Pemerintahan Biden diperkirakan akan mengumumkan apa yang disebut Gedung Putih sebagai "target ambisius 2030" untuk mengurangi emisi karbon pada saat pertemuan puncak.

Setiap target yang diumumkan Biden kemungkinan akan menghadapi tentangan dari Partai Republik yang khawatir bahwa presiden Demokrat akan mengorbankan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi sambil mengejar rencana iklimnya.



"Biden mendesak para pemimpin dunia untuk menggunakan KTT itu sebagai kesempatan untuk menjelaskan bagaimana negara mereka akan berkontribusi pada pengurangan emisi," kata Gedung Putih.

Sedangkan Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia belum berbicara dengan kedua pemimpin itu tentang hal tersebut.

"Tetapi mereka tahu mereka diundang," ujarnya.

Biden, berbicara ketika dia meninggalkan Gedung Putih untuk akhir pekan di rumahnya di Delaware, juga mengatakan dia baru saja berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, menunjukkan subjeknya juga KTT iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)