Rusia Dukung Ide Pembentukan Koalisi untuk Lawan Sanksi Sepihak

Senin, 22 Maret 2021 - 16:29 WIB
loading...
Rusia Dukung Ide Pembentukan Koalisi untuk Lawan Sanksi Sepihak
Lavrov menuturkan, setiap inisiatif yang ditujukan untuk melawan instrumen tidak sah, seperti sanksi sepihak, layak mendapatkan semua dukungan yang mungkin didapatkan. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Moskow mendukung gagasan untuk membentuk koalisi terluas dari negara-negara yang menentang sanksi sepihak . Hal itu diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

Berbicara saat melakukan wawancara dnegan media China, Lavrov menuturkan, setiap inisiatif yang ditujukan untuk melawan instrumen tidak sah, seperti sanksi sepihak, layak mendapatkan semua dukungan yang mungkin didapatkan.

"Venezuela keluar dengan inisiatif di PBB untuk membentuk koalisi melawan tindakan paksaan sepihak," kata Lavrov dalam wawancara itu, seperti dilansir Tass pada Senin (22/3/2021).

"Organisasi memiliki utusan khusus, pelapor khusus tentang masalah melawan sanksi sepihak. Pelapor menyuarakan sikap yang sangat seimbang dan obyektif," sambungnya.

Dia mengatakan, inisiatif semacam ini harus dipromosikan dan mendapat dukungan. Menurutnya, semua negara harus bersatu untuk melawan tindakan-tindakan ilegal.

"Inisiatif semacam itu harus didorong. Kita harus membentuk koalisi negara-negara yang maksimal untuk memerangi praktik ilegal ini," tegas Lavrov.

Rusia, bersama dengan Venezuela dan China adalah "korban" dari sanksi sepihak Amerika Serikat (AS). Mayoritas sanksi itu berupa pembekuan aset atau larangan bepergian pada pejabat yang masuk dalam daftar sanksi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)