Shahab-3, Rudal Iran Paling Menakutkan Penjangkau Seluruh Timur Tengah Termasuk Israel

Sabtu, 20 Maret 2021 - 07:59 WIB
loading...
A A A
Pada minggu ini, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) menyiarkan rekaman dari apa yang disebut "kota rudal", yang menampilkan berbagai rudal jelajah dan balistik yang menurut komandannya; Hossein Salami, adalah bukti dari kemampuan rudal hebat dan ekspansif IRGC.

Berbicara dalam pertemuan virtual para pejabat pertahanan senior, Hatami mengatakan pasukan Iran akan memperluas pekerjaan misil mereka selama tahun-tahun mendatang.

"Kami akan tetap terlibat di bidang regional serta di bidang pertahanan dan kekuatan rudal, dan akan terus mencapai tujuan tinggi di bidang ini dengan kekuatan penuh kami," kata Hatami, seperti dikutip dari News Week, Sabtu (20/3/2021).

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada Kongres Amerika bahwa fokus administrasi Biden adalah mengembalikan Iran ke dalam kepatuhannya pada kesepakaan nuklir 2015 yang dikenal sebagai JCPOA.

Namun, dia juga menegaskan bahwa Amerika memiliki masalah-masalah terkait perilaku Iran.
"Kami memiliki masalah mendasar dengan tindakan Iran di seluruh rangkaian hal apakah itu dukungan untuk terorisme, apakah itu program rudal balistik yang semakin berbahaya, entah itu tindakan destabilisasi di seluruh wilayah," paparnya.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan kepada CBS News pada bulan Februari bahwa kemampuan rudal Iran juga telah meningkat secara dramatis, baik selama masa jabatan terakhir Presiden Barack Obama maupun di era Presiden Donald Trump.

"Pandangan kami adalah bahwa jika kita dapat kembali ke diplomasi dan memasukkan program nuklir Iran ke dalam kotak, itu akan menciptakan platform untuk membangun upaya global, termasuk mitra dan sekutu di kawasan dan di Eropa dan di tempat lain, untuk mengambil alih ancaman signifikan lainnya yang ditimbulkan Iran, termasuk masalah rudal balistik," kata Sullivan.

Tetapi Teheran telah lama menolak isyarat negosiasi yang melibatkan misilnya. Melalui kampanye "tekanan maksimum", Trump dan para pejabat tingginya menekankan bahwa tidak dapat diterima bagi Iran untuk terus mengerjakan rudal balistiknya.

Hatami mengatakan pada hari Kamis bahwa angkatan bersenjata Iran telah bertahan lebih lama dari mantan presiden AS Donald Trump.

"Banyak dari langkah-langkah ini telah dan sedang diambil dengan tujuan untuk mengatasi Republik Islam Iran," kata Hatami, mengacu pada sanksi; tekanan militer di seluruh wilayah; dan pembunuhan komandan IRGC Mayor Jenderal Qassem Soleimani dan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)