Gantian Teheran Tuding Israel Dalang Ledakan di Kapal Kargo Iran

Minggu, 14 Maret 2021 - 10:20 WIB
loading...
Gantian Teheran Tuding Israel Dalang Ledakan di Kapal Kargo Iran
Giliran Iran tuding Israel dalang ledakan kapal kargonya di Mediterania. Foto/US News
A A A
TEHERAN - Iran balik menuding Israel dibalik serangan terhadap kapal kargonya yang tengah berlayar di Mediterania. Tudingan ini dilontarkan setelah beberapa waktu lalu Tel Aviv menuding Teheran menjadi otak ledakan di kapal Israel di Teluk Oman.

Seorang penyelidik Iran mengatakan Israel kemungkinan besar berada di balik serangan di Mediterania minggu ini yang merusak kapal kontainer Iran.

Iran pada hari Jumat melaporkan kapal kontainer Shahr e Kord terkena bahan peledak yang menyebabkan kebakaran kecil, tetapi tidak ada seorang pun di dalamnya yang terluka. Dua sumber keamanan maritim mengatakan indikasi awal adalah bahwa kapal itu sengaja diincar oleh sumber yang tidak diketahui.



"Mempertimbangkan lokasi geografis dan cara kapal itu ditargetkan, salah satu kemungkinan kuat adalah bahwa operasi teroris ini dilakukan oleh rezim Zionis (Israel)," seorang anggota tim penyelidik Iran yang tidak disebutkan namanya yang menyelidiki insiden itu dikutip Nournews yang disitir Al Arabiya, Minggu (14/3/2021).

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Iran mengatakan pada hari Sabtu laporan mengkonfirmasi serangan sabotase yang disebutnya melanggar hukum internasional.

"Langkah-langkah untuk mengidentifikasi pelaku sabotase ini ada dalam agenda kami," kata Saeed Khatibzade, dikutip media pemerintah.

Perusahaan pelayaran milik negara Iran IRISL mengatakan pada hari Jumat akan mengambil tindakan hukum untuk mengidentifikasi pelaku serangan, yang disebut terorisme dan pembajakan.



Pejabat Israel tidak berkomentar pada hari Jumat ketika ditanya apakah Israel terlibat dalam insiden pada hari Rabu.

Insiden itu terjadi dua minggu setelah kapal milik Israel, MV HELIOS RAY terkena ledakan di Teluk Oman.

Penyebabnya tidak segera jelas, meskipun seorang pejabat pertahanan Amerika Seerikat (AS) mengatakan ledakan itu meninggalkan lubang di kedua sisi lambung kapal. Israel menuduh Iran berada di balik ledakan itu, tuduhan yang dibantah oleh Republik Islam itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)