AS Setuju Jual 5 Jet Mata-mata Canggih ke Jerman Senilai USD1,77 Miliar

Sabtu, 13 Maret 2021 - 13:02 WIB
loading...
A A A


Boeing memujiP-8A Poseidon sebagai pesawat patroli maritim multi-misi, unggul dalam perang anti-kapal selam; perang anti-permukaan; intelijen, pengawasan dan pengintaian serta pencarian dan penyelamatan. Boeing juga mencatat pesawat itu menggabungkan sistem senjata paling canggih di dunia dengan keuntungan biaya berbagi 86 persen bagiannya dengan 737.

Menurut pakar penerbangan Poseidon P-8A bukan hanya pesawat mata-mata yang mampu mengawasi atau memandu pesawat penyerang ke sasaran, tetapi platform senjata yang dapat memberikan pukulan serius. Pasalnya, pesawat ini mampu membawa rudal dan bom untuk menyerang target darat, laut, dan bawah air yang sama.

Pembelian jet canggih oleh Jerman ini dilakukan di tengah peningkatan tajam dalam aktivitas penerbangan NATO di sepanjang perbatasan Rusia selama setahun terakhir. Pada tahun 2020 saja, Kementerian Pertahanan Rusia mendeteksi sekitar 2.900 pesawat tempur dan 1.100 pesawat mata-mata mendekati wilayah udara negaranya, dan dalam banyak kasus harus dikawal oleh pesawat pencegat.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)