Teheran Sebut AS Sepakat Cairkan Dana Iran di Irak

Minggu, 07 Maret 2021 - 09:58 WIB
loading...
Teheran Sebut AS Sepakat Cairkan Dana Iran di Irak
Seorang pejabat perdagangan Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) memberi lampu hijau pencairan dana Iran yang telah dibekukan di Irak. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Seorang pejabat perdagangan Iran mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) memberi lampu hijau pencairan dana Iran yang telah dibekukan di Irak. Dana tersebut dibekukan sebagai dampak sanksi Washington.

Hamid Hosseini, anggota Dewan Kamar Dagang Bersama Iran-Irak, mengatakan Washington telah menyetujui pelepasan aset Iran yang dibekukan di Bank Perdagangan Irak.

"Beberapa transaksi (sudah) dilakukan,” tulis Hosseini di Twitter, tanpa menyebutkan nilai asetnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (7/3/2021).

"Pelepasan aset beku Iran akan membantu dengan penyediaan barang-barang penting untuk publik menjelang tahun baru Iran dan bulan puasa Ramadhan," sambung Hosseini.

Menurut pejabat Teheran, aset Iran yang dibekukan di Irak berjumlah lebih dari USD 6 miliar.

Di bawah sanksi AS, Irak membayar untuk membeli gas dari Iran ke rekening di Bank Perdagangan Irak, yang hanya boleh digunakan Teheran untuk membeli barang-barang kemanusiaan dari Irak sendiri.

Ekonomi Iran terpukul keras sejak 2018 ketika mantan Presiden AS, Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 dan menerapkan kembali sanksi besar-besaran terhadap negara itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)