Iran: Ironis, Israel Bangun Fasilitas Senjata Nuklir tapi Diperlakukan Istimewa

Sabtu, 06 Maret 2021 - 11:20 WIB
loading...
Iran: Ironis, Israel Bangun Fasilitas Senjata Nuklir tapi Diperlakukan Istimewa
Citra satelit yang menunjukkan perluasan fasilitas nuklir Dimona di gurun Negev, Israel. Foto/fissilematerials.org
A A A
WINA - Iran mengkritik keras Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang mereka anggap telah memperlakukan Israel dengan istimewa karena bungkam dengan pengembangan fasilitas senjata nuklir secara klandestein di negara Yahudi itu. Teheran menyebutnya sebagai hal ironis.

Kritikan itu dilontarkan Duta Besar Iran untuk IAEA yang berbasis di Wina, Kazem Gharibabadi. Dia menyampaikan kritiknya dalam sebuah pernyataan tertulis yang ditujukan kepada Dewan Gubernur IAEA hari Kamis waktu Wina.



Diplomat Iran itu mengatakan program senjata nuklir Tel Aviv bertentangan dengan seruan internasional. Menurutnya, kegiatan Tel Aviv di fasilitas nuklir yang sangat rahasia menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan dan stabilitas regional dan internasional.

Gharibabadi melanjutkan, semua negara di kawasan Timur Tengah, kecuali rezim Israel, adalah pihak yang meneken Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan telah melaksanakan untuk menerima safeguards komprehensif dari IAEA.

“Oleh karena itu, pengembangan program senjata nuklir klandestin oleh rezim ini [Israel] menimbulkan ancaman serius yang berkelanjutan tidak hanya terhadap keamanan dan stabilitas kawasan dan dunia, tetapi juga terhadap efektivitas dan efisiensi NPT dan rezim perlindungan Badan [IAEA],” katanya dalam pernyataan yang dikutip SINDOnews.com, Sabtu (6/3/2021)

Dia menekankan bahwa Israel juga bukan pihak dalam perjanjian besar lainnya yang mengatur senjata pemusnah massal (WMD).

Mengutip citra satelit komersial dari fasilitas tersebut, Panel Internasional tentang Bahan Fissile (IPFM), sekelompok ahli nuklir independen dari 17 negara, melaporkan bulan lalu bahwa konstruksi baru yang signifikan telah berlangsung di kompleks Dimona.

“Situs konstruksi terletak di sekitar bangunan yang menampung reaktor nuklir dan pabrik pengolahan ulang,” bunyi laporan IPFM.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)