Posting Foto dengan 'Koki Putin', Pemimpin Chechnya Minta Hadiah ke FBI

loading...
Posting Foto dengan Koki Putin, Pemimpin Chechnya Minta Hadiah ke FBI
Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov berfoto dengan buruan FBI, Yevgeny koki Putin Prigozhin. Foto/Russia Today
GROZNY - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dengan bercanda meminta imbalan kepada biro investigasi Amerika Serikat (AS), FBI , setelah Yevgeny Prigozhin mengunjunginya di Grozny.

Kadyrov memposting fotonya dengan sosok yang dikenal sebagai 'koki Putin' itu setelah FBI menjanjikan hadiah USD250 ribu untuk kepalanya. Prigozhin dimasukkan dalam daftar orang yang dicari minggu lalu, karena dituduh mencampuri pemilu.

Menurut situs FBI, hadiah besar akan diberikan untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Prigozhin. Dia didakwa pada 16 Februari 2018 dengan konspirasi menipu AS.



Pemerintah AS mengklaim Prigozhin ikut campur dalam pemilu 2016, sementara outlet berbahasa Rusia the Insider, Der Spiegel Jerman, dan Bellingcat yang didanai AS dan Inggris menuduhnya menjalankan campur tangan politik dan operasi militer yang terintegrasi erat dengan Kementerian Pertahanan Rusia.



“Teman-teman, saya akan segera menjadi kaya dengan seperempat juta dolar! Tidak mungkin membayangkan uang lebih mudah dari pemerintah Amerika,” tulis Kadyrov di Telegram.

“Hari ini, saya mengetahui bahwa FBI siap membayar sebanyak USD250.000 untuk informasi tentang keberadaan pengusaha St. Petersburg Yevgeny Prigozhin!” sambungnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Rusia: Sanksi AS Terhadap Pemimpin Chechnya Terlalu Dibuat-buat

“Dengan rasa memenuhi kewajiban sipil, saya siap menerima penghargaan yang layak tanpa sedikit pun hati nurani, tetapi dengan satu syarat - saya hanya akan menerima uang tunai,” canda Kadyrov.

“Soalnya, akun asing saya dengan jutaan dolar diblokir karena sanksi UE dan AS,” ia menambahkan.



Pemimpin Chechnya bukanlah orang pertama yang bercanda tentang hadiah itu. Sebelumnya perusahaan katering milik Prigozhin, Concord, bercanda bahwa dia dapat ditemukan di St. Petersburg, di jalan Letnan Schmidt. Ini adalah alamat resmi pusat bisnis tersebut.

Baca juga: Lakukan Pelanggaran HAM, AS Blacklist Pemimpin Chechnya

Kadyrov sendiri telah dijatuhi sanksi sejak 2017 atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan penganiayaan ilegal. Seperti Kadyrov, Prigozhin sudah dibatasi oleh AS. Pada 2016, ia dituduh membangun pangkalan militer Rusia, yang diduga digunakan tentara untuk mengerahkan tentara ke Ukraina.

Prigozhin dikenal oleh media Barat sebagai 'koki Putin', setelah memenangkan sejumlah besar kontrak katering pemerintah. Selain melawan Washington, pengusaha itu juga terlibat dalam beberapa pertempuran hukum lainnya. Pada November, ia memulai kasus terhadap tiga jurnalis Rusia yang membuat klaim tentang dugaan latar belakang kriminalnya.

Dia juga terlibat konflik dengan tokoh oposisi Alexei Navalny, yang menuduh bisnis katering Moskovsky Shkolnik menyebabkan wabah disentri. Setelah denda yang diberikan pengadilan sebesar USD1,1 juta, Prigozhin membayar hutang tersebut, dan sekarang Navalny dan timnya berhutang uang kepadanya.

Baca juga: Pemimpin Chechnya: Sikap Macron tentang Kartun Menginspirasi Teroris
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top