Redam Demonstran, Junta Myanmar Gunakan Spyware dan Peralatan Militer Israel

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:17 WIB
loading...
Redam Demonstran, Junta Myanmar Gunakan Spyware dan Peralatan Militer Israel
Militer Myanmar kedapatan menggunakan kendaraan lapis baja buatan Israel. Foto/i24news.tv
A A A
NAYPYITAW - Perusahaan Israel dilaporkan telah menjual peralatan militer dan spyware canggih ke Myanmar , meskipun ada larangan ekspor ke negara itu. Spyware yang dibeli oleh pasukan Myanmar itu sekarang digunakan untuk menindak perbedaan pendapat menyusul kudeta militer awal bulan ini.

Begitu bunyi laporan The New York Times (NYT) awal pekan ini yang dikutip dari Al Araby, Rabu (3/3/2021).

Perangkat lunak peretasan dan teknologi militer masuk ke Myanmar meskipun ada embargo senjata dan teknologi penggunaan ganda yang diberlakukan di beberapa negara atas dugaan pembersihan etnis Muslim Rohingya .



Israel termasuk di antara negara-negara yang melarang ekspor teknologi semacam itu ke Myanmar setelah diketahui persenjataannya digunakan untuk memerangi etnis minoritas Rohingya.

Tidak jelas, kemudian, bagaimana kendaraan lapis baja buatan Israel yang tidak memasuki produksi massal sampai pelarangan berakhir bisa berada di jalan-jalan Naypyidaw pada 1 Februari lalu ketika para jenderal militer merebut kekuasaan.

Pakar militer mengidentifikasi kendaraan lapis baja sebagai model yang diproduksi oleh Industri Otomotif Gaia Israel.

Kepala perusahaan, Shlomi Shraga, mengatakan kepada NYT bahwa dia belum melihat gambar kendaraan yang digunakan di Myanmar dan bersikeras bahwa semua ekspor Gaia Automative memiliki izin yang diperlukan dari Kementerian Pertahanan Israel.

"Mari berharap rakyat Myanmar hidup damai dan di bawah rezim demokrasi," kata Shraga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)