Pertama Kalinya, Jet Tempur F-35B Mendarat di Kapal Induk Italia

Rabu, 03 Maret 2021 - 17:18 WIB
loading...
Pertama Kalinya, Jet Tempur F-35B Mendarat di Kapal Induk Italia
Pertama kalinya, jet tempur F-35B mendarat di kapal induk Italia. Foto/Naval News
A A A
MARYLAND - Dua jet tempur F35B besutan Amerika Serikat (AS) mendarat di atas kapal induk Italia ITS Cavour, di lepas Pantai Timur Amerika, pada Senin lalu. Dua pesawat tempur itu dilengkapi dengan instrumen khusus dari Skuadron Uji dan Evaluasi Udara 23 (VX-23) di Naval Air Station Patuxent River (NAS Pax River), Maryland, AS.

Kapal utama Angkatan Laut Italia itu telah meninggalkan Naval Station Norfolk (Virginia) pada 28 Februari, dalam persiapan uji coba laut selama empat minggu.

Selama uji coba laut, F-35 Patuxent River Integrated Test Force (ITF) akan memverifikasi kompatibilitas antara pesawat tempur generasi ke-5 dan kapal induk Cavour ITS. Uji coba juga merupakan langkah penting untuk menyatakan Kemampuan Operasi Awal (IOC) F-35B di Angkatan Laut Italia, yang diharapkan pada tahun 2024.



Pendaratan F-35B di atas kapal ITS Cavour merupakan tonggak penting bagi Angkatan Laut Italia, karena bersiap untuk mengoperasikan generasi ke-5 jet siluman itu dari kapal induk.

"Merupakan pencapaian luar biasa bagi kita semua, hari ini, untuk melihat pesawat tempur generasi kelima di dek penerbangan kita," kata Perwira Komando Cavour ITS Kapten Giancarlo Ciappina dalam rilis Departemen Pertahanan AS.

"Ini mewakili, sesungguhnya, kesuksesan yang luar biasa tetapi, pada saat yang sama, merupakan tantangan baru bagi masa depan Penerbangan Angkatan Laut Italia," imbuhnya.

“Setiap perwira dan seluruh kru sangat bangga bekerja sama dengan tim penguji Kantor Program Gabungan F-35 selama uji coba laut ini, dan kami sangat siap untuk melakukan kerja keras untuk melengkapi Cavour ITS dan Angkatan Laut Italia dengan kemampuan tempur udara generasi kelima Joint Strike Fighter," ujar Ciappina seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (3/3/2021).

Pilot dan pesawat bergabung dengan tim penguji yang terdiri dari sekitar 180 personel dari F-35 Integrated Test Force (ITF) yang berbasis di Pax River yang memulai uji coba laut hingga empat minggu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)