Menlu Retno Tak Jadi Kunjungi Myanmar, Waktunya Tidak Tepat

Rabu, 24 Februari 2021 - 11:58 WIB
loading...
Menlu Retno Tak Jadi Kunjungi Myanmar, Waktunya Tidak Tepat
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi tidak akan melakukan perjalanan ke Myanmar untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin junta militer negara itu.

Keputusan itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia Teuku Faizasyah pada Rabu (24/2). Sebelumnya dilaporkan bahwa Menlu Retno hendak datang ke Myanmar pada Kamis (25/2) untuk mendorong upaya diplomasi menyelesaikan krisis itu.

“Dengan mempertimbangkan perkembangan terkini dan masukan dari negara-negara ASEAN lainnya, ini bukan waktu yang ideal untuk melakukan kunjungan ke Myanmar,” tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah dalam jumpa pers, dilansir Reuters.

Menlu Retno Tak Jadi Kunjungi Myanmar, Waktunya Tidak Tepat




Myanmar menghadapi lebih banyak protes jalanan menentang junta militer saat Indonesia berusaha membangun momentum bersama negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk mencari jalan keluar dari krisis.



Pekan ini terjadi aksi unjuk rasa terbesar sejauh ini pada Senin, seiring dengan pemogokan massal untuk mengecam kudeta 1 Februari militer dan menuntut pembebasan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi.

Lihat infografis: Indonesia Diprotes, Kedutaan-besarnya di Myanmar Didemo

Unjuk rasa tetap terjadi meski ada peringatan dari pihak berwenang bahwa konfrontasi dapat membuat orang-orang terbunuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)