Parlemen Kanada: Perlakuan China terhadap Muslim Uighur Genosida!

Selasa, 23 Februari 2021 - 09:44 WIB
loading...
A A A
Trudeau enggan menggunakan kata genosida, menunjukkan bahwa mencari konsensus luas di antara sekutu Barat tentang masalah HAM di China akan menjadi pendekatan terbaik.

"Bergerak maju secara multilateral akan menjadi cara terbaik untuk menunjukkan solidaritas demokrasi Barat...yang sangat prihatin dan kecewa dengan laporan tentang apa yang terjadi di Xinjiang," kata Trudeau pada hari Jumat setelah berbicara dengan sesama pemimpin G-7.

Sumber pemerintah mengatakan Trudeau dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengadakan pertemuan virtual bilateral sore ini, dan hubungan dengan China kemungkinan besar akan dibahas.

Mantan Presiden AS Donald Trump—pada hari terakhir masa jabatannya bulan lalu— mengatakan China telah melakukan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan dengan menindas Muslim Uighur.

Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar AS untuk PBB pilihan Biden, mengatakan Pemerintahan Biden berusaha untuk memastikan bahwa deklarasi genosida ditegakkan.

Cong Peiwu, Duta Besar China untuk Ottawa, membantah tuduhan genosida. "Negara-negara Barat tidak dalam posisi untuk mengatakan seperti apa situasi HAM di China," kata Cong dalam wawancara sebelum pemungutan suara Parlemen Kanada, seperti dikutip Reuters, Selasa (23/2/2021). "Tidak ada yang disebut genosida di Xinjiang sama sekali."
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)