Bos Mafia Tersohor Italia Meninggal di Penjara, Dia Lebih Kuat dari PM

Jum'at, 19 Februari 2021 - 08:27 WIB
loading...
Bos Mafia Tersohor Italia Meninggal di Penjara, Dia Lebih Kuat dari PM
Bos mafia tersohor Italia, Raffaele Cutolo, meninggal di penjara. Foto/REUTERS
A A A
ROMA - Bos mafia tersohor Italia , Raffaele Cutolo, meninggal di penjara hari Kamis. Sosoknya yang karismatik dianggap lebih kuat dari seorang perdana menteri, terlebih negara pernah meminta bantuannya ketika seorang politisi diculik kelompok teroris sayap kiri.

Cutolo adalah pemain kunci dalam salah satu periode kejahatan terorganisir paling berdarah di Napoli pada 1970-an dan 1980-an. Dia meninggal di penjara pada usia 79 tahun.



Media setempat melaporkan dia tidak sehat selama berbulan-bulan, tetapi meninggal kemarin karena septikemia di bangsal rumah sakit sebuah penjara di Parma, Italia utara.

Cutolo menghabiskan lebih dari 57 tahun di balik jeruji besi tetapi menjadi begitu kuat sehingga cabang mafia Camorra lainnya di Naples, Italia selatan, membayar iuran untuknya. Bahkan, negara pernah meminta bantuannya ketika seorang politisi diculik.

Lahir pada tahun 1941 di Ottaviano, sebuah kota di luar Napoli, "jalur hitam" Cutolo muncul ketika pada tahun 1963, pada usia 22 tahun, dia dipenjara seumur hidup karena membunuh seorang pria yang menghina saudara perempuannya.

Di penjara, karisma dan keahliannya sebagai penyair membuat dia dijuluki "Profesor", dan dia segera membangun pengikut di antara sesama narapidana yang berkembang ke dunia luar saat mereka dibebaskan.

Dari selnya dia membuat grup baru, La Nuova Camorra Organizzata—Organisasi Camorra baru—dengan hierarki dan aturan keanggotaan yang ketat, dan kemauan untuk menggunakan kekerasan.



Dia menantang keluarga Camorra lainnya dan pertempuran mereka bertanggung jawab atas salah satu periode paling berdarah dalam sejarah kejahatan terorganisir Italia, dengan lebih dari 250 pembunuhan pada tahun 1982 saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)