India, Apotek Dunia untuk COVID-19

Sabtu, 13 Februari 2021 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Sejak peluncuran vaksin COVID-19 pada 16 Januari lalu, India mulai memasok vaksin ke negara-negara tetangga dan mitra pada 20 Januari 2021. India mencoba mewujudkan pidato Perdana Menteri India, Narendra Modi untuk menjadi apotek bagi dunia.



"Hingga 9 Februari 2021, India telah memasok total 16,77 juta dosis vaksin Covishield ke 20 negara tetangga dan sekitarnya. Sisanya telah disuplai vaksin berdasarkan kontrak dengan produsen vaksin Serum Institute of India (SII)," ungkap Kedubes India.

Penyediaan vaksin merupakan upaya berkelanjutan. Dalam beberapa minggu mendatang, vaksin akan dipasok ke negara-negara Afrika, di bawah fasilitas COVAX. Akan ada pula persediaan secara bilateral sebagai hadiah dari India.

"India akan memfasilitasi ke beberapa negara Afrika yang telah menandatangani kontrak komersial dengan produsen vaksin di India. Pasokan serupa melalui hibah, kontrak komersial dan di bawah fasilitas COVAX kepada CARICOM, Negara Kepulauan Pasifik dan Negara Amerika Latin," ungkap Kedubes India.



"Tidak ada negara lain yang memasok vaksin sebanyak itu ke luar negeri. India telah membuktikan bahwa India memang Apotek dunia," demikian pernyataan Kedubes India.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)