Video Mengerikan Penyerbuan Capitol: Perusuh Teriak Gantung Mike Pence

Kamis, 11 Februari 2021 - 08:46 WIB
loading...
Video Mengerikan Penyerbuan Capitol: Perusuh Teriak Gantung Mike Pence
Jaksa memperlihatkan video penyerbuan gedung Capitol oleh para pendukung mantan presiden AS Donald Trump dalam sidang pemakzulan di Senat. Foto/oilcity.news
A A A
WASHINGTON - Jaksa merilis video keamanan penyerbuan gedung Capitol oleh para pendukung mantan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump , di sidang pemakzulan . Dalam rekaman yang belum pernah dirilis sebelumnya itu memperlihatkan adegan mencekam tentang seberapa dekat para perusuh dengan para pemimpin negara.

Para senator AS untuk pertama kalinya melihat video keamanan secara mendetail tentang pembobolan dan mendengar panggilan darurat dari polisi Capitol.

Video itu memperlihatkan bagaimana para perusuh membobol gedung Capitol, menghancurkan jendela dan pintu. Mereka mencari Wakil presiden saat itu Mike Pence dan Ketua DPR Nancy Pelosi dengan mengeluarkan kata-kata ancaman.



Sambil berkeliaran di aula para perusuh berteriak: "gantung Mike Pence." Beberapa dari mereka dilengkapi dengan peralatan tempur dan beberapa anggota kelompok ekstrimis ada diantara kelompok perusuh yang pertama kali masuk ke dalam gedung Capitol. Di luar, massa telah memasang tiang gantungan darurat.

Pada satu momen dramatis, video tersebut menunjukkan polisi menembak ke kerumunan melalui jendela yang pecah, menewaskan seorang wanita San Diego, Ashli Babbitt.

Pence, yang tengah memimpin sidang untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden atas Trump - sehingga mendapatkan kecaman dari Trump - diperlihatkan sedang dilarikan ke tempat aman, di mana ia berlindung di sebuah kantor bersama keluarganya hanya 100 kaki dari para perusuh. Pelosi dievakuasi dari kompleks saat stafnya bersembunyi di balik pintu di suite kantornya.



Pada bagian lain, polisi yang kewalahan menghadapi massa dengan panik mengumumkan: "kami kehilangan garis" dan mendesak para pejabat untuk menyelamatkan diri. Seorang petugas terlihat diamuk oleh massa dan jaksa penuntut mengatakan petugas lainnya menderita serangan jantung. Satu orang kemudian meninggal.

Dalam satu adegan, seorang petugas Kepolisian Capitol mengarahkan Senator Mitt Romney dari Partai Republik menyusuri lorong untuk menghindari massa. Itu adalah petugas yang sama, Eugene Goodman, yang dipuji sebagai pahlawan karena berhasil membujuk perusuh untuk menjauh dari pintu Senat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)