Iran Bisa Cari Senjata Nuklir Jika Ditekan Seperti ‘Kucing Tersudut’

Rabu, 10 Februari 2021 - 04:04 WIB
loading...
Iran Bisa Cari Senjata Nuklir Jika Ditekan Seperti ‘Kucing Tersudut’
Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi mengatakan tekanan terus-menerus dari Barat dapat mendorong Teheran melawan seperti "kucing yang tersudut" dan mencari senjata nuklir.

Selama bertahun-tahun, Iran menegaskan tidak berniat mengembangkan senjata nuklir.

Pernyataan yang dibuat dalam wawancara televisi itu adalah saran langka bahwa Iran mungkin memiliki kepentingan pada senjata nuklir, seperti dituduhkan negara-negara Barat.



Pejabat Iran berulang kali menolak tuduhan ini, mengutip fatwa atau keputusan agama yang dikeluarkan pada awal 2000-an oleh otoritas tertinggi Republik Islam, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang melarang pengembangan atau penggunaan senjata nuklir.

Lihat infografis: Kapal Selam Jepang Bertabrakan dengan Kapal Nelayan

Amerika Serikat (AS) dan kekuatan Barat lainnya yang awalnya menandatangani kesepakatan nuklir 2015 dengan Iran tampaknya berada pada jalan buntu mengenai pihak mana yang harus kembali ke kesepakatan terlebih dahulu.



Saat ini berbagai sanksi AS telah melumpuhkan ekonomi Iran.

"Pemimpin Tertinggi telah secara eksplisit mengatakan dalam fatwanya bahwa senjata nuklir bertentangan dengan hukum syariah dan Republik Islam melihat itu dilarang secara agama dan tidak mengejarnya," ungkap Menteri Intelijen Iran Mahmoud Alavi pada televisi pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)