Mengenal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Myanmar

loading...
Mengenal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Myanmar
Jenderal Min Aung Hlaing, Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar.
YANGON - Nama Min Aung Hlaing menjadi perbincangan setelah terjadinya kudeta militer di Myanmar Min Aung Hlaing disebut-sebut sebagai orang di balik kudeta tersebut.

Melansir dari berbagai sumber, Min Aung Hlaing adalah Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar. Ia menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata negara tersebut sejak Maret 2011 lalu.

Baca: Protes Kudeta Militer Myanmar, Ribuan Orang Padati Jalan-jalan Yangon

Sebelumnya, dia adalah Kepala Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Myanmar dan dipromosikan menjadi Jenderal bintang empat pada awal 2011 dan Jenderal bintang lima pada Maret 2013.

Baca juga : Junta Myanmar Putus Jaringan Internet saat Protes Kudeta Meluas

Pria kelahiran tahun 1956 itu menghabiskan seluruh karirnya di militer, di mana dia bergabung sebagai seorang kadet. Dia masuk ke Akademi Layanan Pertahanan Myanmar pada tahun 1974, dalam usaha ketiganya memasuki akademi itu.



Karir prajurit yang terkenal pendiam dan sederhana bisa terbilang sangat bagus dan lancar. Dia mendapatkan promosi reguler dan karirnya terus menanjak, akhirnya menjadi komandan Biro Operasi Khusus-2 pada tahun 2009.

Baca: Kudeta Myanmar, Warga Australia Penasihat Suu Kyi Ditahan Militer

Dia menjadi terkenal pada tahun 2009 setelah memimpin serangan terhadap pemberontak Tentara Nasional Aliansi Demokratik di Kokang, yang berada dekat perbatasan dengan China. Pada bulan Juni 2010, Min menggantikan Jenderal Shwe Mann sebagai Kepala Gabungan Staf Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top