Jenderal Tertinggi NATO: China dan Rusia Bentuk Poros Kekuatan Baru

Sabtu, 06 Februari 2021 - 06:16 WIB
loading...
A A A
Tetapi Clark mengatakan Moskow dan Beijing sangat menyadari hal ini dan telah menyesuaikan rencana mereka. "Keduanya secara metodis mengembangkan strategi dan sistem yang menghindari keuntungan militer AS dan mengeksploitasi kerentanannya dengan menghindari jenis situasi yang telah disiapkan pasukan AS," imbuh dia.

Mereka telah mengalihkan medan perang utama mereka dari laut dan langit ke domain digital dan propaganda.

"Militer China dan Rusia berusaha menjadikan informasi dan pengambilan keputusan sebagai medan pertempuran utama untuk konflik di masa depan...(untuk) mengarahkan pasukan untuk secara elektronik atau fisik menurunkan sumber informasi dan komunikasi lawan sambil memperkenalkan data palsu yang mengikis orientasi dan pemahaman pembela hak asasi manusia (HAM)," kata Clark.

Operasi hibrida tindak lanjut, atau zona abu-abu, yang menggunakan paramiliter dan "tentara bayaran" kemudian dapat mencapai tujuan tanpa memberikan pemicu langsung untuk pembalasan.

Tatanan Dunia Baru

Chairman China Jian Zemin dan Presiden Rusia Boris Yeltsin bertemu pada tahun 1997, bersumpah untuk "mempromosikan multipolarisasi dunia dan pembentukan tatanan internasional baru".

Pengganti mereka, Chairman Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin, berada di jalur yang tepat untuk menerapkan rencana itu.

“Para analis di Barat secara khusus meragukan bahwa Beijing dan Moskow dapat mengatasi ketidakpercayaan dan persaingan selama puluhan tahun untuk bekerja sama melawan upaya AS untuk mempertahankan dan membentuk tatanan internasional,” tulis ilmuwan politik Profesor Alexander Cooley dan Associate Professor Daniel Nexon.

“Tapi deklarasi 1997 sekarang tampak seperti cetak biru bagaimana Beijing dan Moskow mencoba mengatur ulang politik internasional dalam 20 tahun terakhir," lanjut kedua pakar tersebut.

Keduanya berusaha memanipulasi dan mendiskreditkan organisasi internasional dan institusi Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)