Eks Komandan Navy Seal: Putin Orang yang Sangat Berbahaya

Jum'at, 05 Februari 2021 - 22:55 WIB
loading...
Eks Komandan Navy Seal: Putin Orang yang Sangat Berbahaya
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/financetwitter
A A A
WASHINGTON - Mantan komandan pasukan elit Amerika Serikat (AS) mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengalahkan negaranya. Ia juga menyebut Rusia sebagai ancaman keamanan eksternal terbesar bagi AS.

"Saya sering ditanya di mana menurut saya ancaman keamanan eksternal terbesar, dan saya selalu menunjuk ke Rusia," kata mantan komandan Navy SEAL, William McRaven.

"Banyak orang berpikir tentang China, tetapi Rusia yang melompat ke pikiran lebih dulu," imbuhnya seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (5/2/2021).

Meskipun dia mengakui bahwa Rusia bukanlah negara adidaya seperti dulu, dia menekankan bahwa Putin telah mengalahkan AS.



"Dia telah memainkan permainan hebat itu lebih baik daripada siapa pun di panggung dunia," kata McRaven tentang presiden Rusia itu.

"Putin adalah orang yang sangat berbahaya," ujarnya menunjuk pada tindakan Rusia di Crimea, Ukraina, Suriah, dan bahkan AS yang merugikan kepentingan Amerika.

Selama ini, China kerap dianggap sebagai ancaman bagi AS terutama selama pemerintahan Presiden Donald Trump. Alhasil, AS memberikan tekanan yang luar biasa untuk melawan China dan kurang memperhatikan Rusia.

Meskipun demikian, Rusia adalah saingan kekuatan besar, terdaftar sebagai ancaman utama bersama China dalam Strategi Pertahanan Nasional AS pada 2018.

"Kami memang perlu menemukan area di mana kami dapat bermitra dengan Rusia," kata McRaven.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)