6 Pesawat Tempur China dan Pesawat AS Sama-sama Terobos Wilayah Taiwan

Senin, 01 Februari 2021 - 06:01 WIB
loading...
6 Pesawat Tempur China dan Pesawat AS Sama-sama Terobos Wilayah Taiwan
Rute rombongan pesawat tempur China saat menerobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada Minggu (31/1/2021). Foto/Kementerian Pertahanan Taiwan
A A A
TAIPEI - Enam pesawat tempur China dan satu pesawat pengintai militer Amerika Serikat (AS) sama-sama memasuki sudut barat daya Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada Minggu. Manuver militer kedua negara menambah daftar insiden menegangkan di pulau tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengungkap aktivitas militer Beijing dan Washington tersebut. Ini untuk pertama kalinya, Taipeimembuat pengakuan yang tidak biasa atas aktivitas militer AS.



Ketegangan meningkat selama seminggu terakhir atau lebih setelah Taiwan melaporkan beberapa jet tempur dan pesawat pembom China terbang ke zona itu akhir pekan lalu, di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan di bagian utara Laut China Selatan .

Misi terbaru China ini bertepatan denganmanuver kelompok tempur kapal induk Amerika Serikat yang memasuki Laut China Selatan untuk apa yang oleh militer AS sebut sebagai penyebaran rutin. Amerika Serikat telah mengkritik penerbangan militer China.

Kementerian Pertahanan Taiwan seperti dikutip Reuters, Senin (1/2/2021), mengatakan total tujuh pesawat China terbang ke perairan yang sama di dekat Kepulauan Pratas pada hari Minggu—dua pesawat tempur J-10, empat pesawat tempur J-11 dan sebuah pesawat pengintai Y-8.



Kementerian itu menambahkan bahwa pesawat pengintai AS juga hadir di bagian barat daya yang sama dari ADIZ, tetapi tidak menyebutkan jenis pesawat atau memberikan rincian jalur penerbangannya, yang dilakukannya untuk semua penerbangan China.

Ini adalah pertama kalinya Taiwan menyebutkan keberadaan pesawat AS sejak mulai mendekati laporan harian aktivitas China di zona pertahanannya pada pertengahan September.

Taiwan jarang berbicara secara terbuka tentang aktivitas AS di dekatnya, biasanya ketika kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan, meskipun sumber diplomatik dan keamanan mengatakan sering ada misi udara dan laut AS di dekat pulau itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)