Disetujui Senat, Llyod Austin Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama AS

loading...
Disetujui Senat, Llyod Austin Jadi Menhan Kulit Hitam Pertama AS
Llyod Austi menjadi orang kulit hitam pertama yang menjabat Menteri Pertahanan AS. Foto/WION
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi pensiunan Jenderal Angkatan Darat Lloyd Austin untuk menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Ini menjadikan Austin sebagai orang kulit hitam pertama yang memimpin Departemen Pertahanan AS yang kerap disebut Pentagon .

Dalam sidang pemungutan suara yang dilakukan Senat AS, Llyod mendapat dukungan secara luar biasa dengan mengantongi 93 suara berbanding 2 yang menolak. Ini jauh lebih dari yang dibutuhkan untuk mendapatkan dukungan mayoritas sederhana.

Anggota parlemen dari kedua belah pihak mengatakan mereka senang bahwa Austin akan dilantik untuk memimpin Pentagon hanya dua hari setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden pada hari Rabu lalu.





Senator Jack Reed, ketua Partai Demokrat dari Komite Angkatan Bersenjata Senat, mencatat berbagai tantangan yang dihadapi negara itu - termasuk pandemi virus Corona dan persaingan dengan China serta Rusia.

“Jenderal Austin adalah pemimpin yang sangat berkualitas dengan karir yang panjang dan terhormat di militer AS,” kata Reed sebelum pemungutan suara.

"Kami berada dalam waktu yang paling terancam," kata Senator James Inhofe, ketua panel angkatan bersenjata Partai Republik, saat dia juga mendesak dukungan untuk calon yang diajukan oleh Joe Biden itu seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (23/1/2021).



Baca juga: Alat Perangnya Diborong UEA, AS Raup Rp324 Triliun
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top