Lawan Iran, Trump Perintahkan Operasi Komando Pusat AS Mencakup Israel

loading...
Lawan Iran, Trump Perintahkan Operasi Komando Pusat AS Mencakup Israel
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/Anadolu Agency
WASHINGTON - Presiden Donald Trump telah memerintahkan militer Amerika Serikat (AS) untuk memasukkan Israel ke dalam wilayah operasi Komando Pusat (CENTCOM)-nya. Perintah Trump menjelang lengser ini sebagai upaya melawan Iran agar lebih efektif.

Baca juga : Sarang Burung Walet RI Laris di Mancanegara, Diburu China dan 23 Negara Lain

CENTCOM merupakan cabang militer AS untuk operasi di Timur Tengah dan sekitarnya. Laporan tentang perintah Trump ini diterbitkan Wall Street Journal (WSJ), kemarin.

Baca juga: Simulasi Serang Musuh, Iran Tembakkan Rudal yang Berlimpah



Langkah Trump ini bisa menjadi kritis mengingat perbedaan yang dalam antara Israel dan Presiden terpilih AS Joe Biden, yang berencana untuk membawa Amerika kembali ke kesepakatan nuklir Iran serta mengadopsi pendekatan yang lebih seimbang untuk konflik Israel-Palestina.

Baca juga : Mencekam, 50 Ibu Kota Negara Bagian AS Bersiap Hadapi Protes Bersenjata

Belum jelas apakah pemerintahan Biden yang akan datang akan mendukung perubahan dalam tanggung jawab militer yang diperintahkan Trump.



"Ini adalah bagian puncak dari upaya Trump untuk menyatukan negara-negara yang berbeda dengan musuh bersama, setelah penandatanganan Kesepakatan Abraham, di mana Israel menormalisasi hubungan dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain (tahun lalu)," tulis Military Times, yang ikut melaporkan perintah Trump untuk CENTCOM.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top