8 Ledakan Terdahsyat Dalam Sejarah, Letusan Gunung Tambora Paling Menggelegar

loading...
8 Ledakan Terdahsyat Dalam Sejarah, Letusan Gunung Tambora Paling Menggelegar
Ilustrasi foto/SINDOnews/Masyhudi
ADA banyak ledakan dahsyat non nuklir di berbagai belahan dunia baik itu disengaja maupun tidak disengaja yang sanggup meluluh lantakkan lokasi sekitarnya. Ledakan menggelegar itu disebabkan berbagai hal seperti bahan peledak tinggi modern, ledakan uap cair mendidih, (BLEVEs), bubuk mesiu, bahan bakar berbasis minyak dan reaksi kimia lain. Dari berbagai ledakan non nuklir selama ini setidaknya ada 10 ledakan yang tergolong sangat besar, berikut rinciannya:

1. Letusan Gunung Tambora, Indonesia

8 Ledakan Terdahsyat Dalam Sejarah, Letusan Gunung Tambora Paling Menggelegar


Tahun kejadian : 1815
Kekuatan : 1.000 megaton
Korban tewas : Lebih 71.000 orang



Dikutip Live Science, pada 1815 Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Indonesia meletus dengan kekuatan 1.000 megaton TNT. Hal itu menjadikannya letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah. Ledakan itu melontarkan sekitar 140 miliar ton magma. (Baca: Hukum Unik di Dunia, dari Larangan Meludah hingga Dilarang Gemuk)

Tak hanya membunuh lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa, tapi abu yang dilepaskannya menciptakan anomali iklim global. Dampak dari letusan itu mendunia.

Setahun kemudian, 1816, tidak terjadi musim panas. Salju turun di bulan Juni di Albany, New York. Sungai es terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania. Ratusan ribu orang mati kelaparan di seluruh dunia.



2. Ledakan di Kota Beirut, Lebanon
halaman ke-1 dari 6
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top