Korsel Minta Bantuan Qatar Bebaskan Kapal Tanker yang Ditahan Iran

loading...
Korsel Minta Bantuan Qatar Bebaskan Kapal Tanker yang Ditahan Iran
Korea Selatan (Korsel) meminta bantuan Qatar untuk mengamankan pembebasan kapal dan awaknya yang ditahan oleh Iran. Foto/Ist
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) meminta bantuan Qatar untuk mengamankan pembebasan kapal dan awaknya yang ditahan oleh Iran . Permintaan itu disampaikan seorang pejabat Seoul yang berkunjung ke Doha.

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korsel, Choi Jong-kun melakukan kunjungan ke Doha, kemarin. Dalam kunjungan itu, dia melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi Qatar.

Baca juga: Iran Desak Korsel Tidak Politisasi Penyitaan Kapal Tanker

Jong-kun bertemu Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim al-Thani, Wakil Perdana Menteri sekaligus Wakil Menteri Luar Negeri Qatar. Dia juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar, Soltan bin Saad al-Muraikhi.

"Dia meminta dukungan semaksimal mungkin dari pihak Qatar untuk menyelesaikan masalah ini," kata Kementerian Luar Negeri Korsel dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (14/1/2021).



Sebelum berkunjung ke Qatar, Jong-kun terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Iran. Kunjungan itu dimaksudkan untuk mempercepat proses pembebasan kapal tersebut.

Seperti diketahui, kapal tanker minyak berbendera Korsel dengan 20 awak, termasuk lima warga Korsel, ditangkap oleh Garda RevolusiIran di Teluk Persia pada 4 Januari.

Baca juga: Tangkap Peluang IK CEPA, Kotra Jakarta Siap Jembatani Perdagangan RI-Korsel


Otoritas Iran mengklaim kapal itu, yang membawa 7.200 ton etanol ke Korsel dari pelabuhan Al-Jubail Arab Saudi, melanggar protokol lingkungan dan mencemari laut.

(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top