Iran Desak Korsel Tidak Politisasi Penyitaan Kapal Tanker

Senin, 11 Januari 2021 - 13:09 WIB
loading...
Iran Desak Korsel Tidak Politisasi Penyitaan Kapal Tanker
Iran mendesak Korea Selatan (Korsel) tidak mempolitisasi penyitaan kapalnya oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) di Teluk Arab. Foto/Ist
A A A
TEHERAN - Iran mendesak Korea Selatan (Korsel) tidak mempolitisasi penyitaan kapalnya oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) di Teluk Arab. Teheran juga menekan Seoul untuk melepaskan dana USD 7 miliar yang dibekukan di tengah sanksi Amerika Serikat (AS).

Wakil Menteri Luar Negeri Korsel, Choi Jong-kun, tiba di Teherankemarin untuk membahas pelepasan kapal MT Hankuk Chemi, yang disita oleh IRGC pada pekan lalu di dekat Selat strategis Hormuz. ( Baca juga: Iran Mengaku Tangkap Dua WNI ABK di Kapal Korsel )

Iran membantah tuduhan bahwa penyitaan kapal tanker dan 20 awaknya sama dengan penyanderaan dan mengatakan bahwa Seoul lah yang menyandera dana Iran.

Dalam pertemuan dengan Choi, Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi mendesak Seol untuk tidak mempolitisasi penyitaan kapal tanker tersebut. ( Baca juga: Iran Sangkal Tuduhan Menyita Kapal Korsel dan Menyandera Awaknya )

"Seoul harus menahan diri dari mempolitisasi masalah dan propaganda yang sia-sia dan membiarkan proses hukum dilanjutkan," ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (11/1/2021).

Araqchi, dalam pertemuan tersebut juga meminta Korsel untuk segera melepaskan dana Iran, sebesar USD 7 juta, yang dibekukan Seoul, karen adanya sanksi ekonomi oleh Washington terhadap Teheran.

"Selama sekitar dua setengah tahun, bank-bank Korsel telah membekukan dana Iran, itu tidak dapat diterima. Dalam pandangan kami, ini lebih karena kurangnya kemauan politik Seoul (untuk menyelesaikan masalah) daripada sanksi AS," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)