Joe Biden Dukung Pemakzulan Donald Trump

Kamis, 14 Januari 2021 - 09:51 WIB
loading...
Joe Biden Dukung Pemakzulan Donald Trump
Presiden AS terpilih Joe Biden menyatakan DPR meminta pertanggungjawaban Donald Trump atas serangan ke gedung Capitol. Foto/France24
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Joe Biden , angkat bicara terkait pemakzulah kedua kalinya presiden petahana Donald Trump . Menurutnya, DPR memilih untuk meminta pertanggungjawaban Trump karena menghasut penyerbuan dengan kekerasanterhadap Gedung Capitol minggu lalu.

Dalam pernyataan yang diucapkan dengan hati-hati, Biden mengatakan para anggota DPR mengikuti Konstitusi dan hati nurani mereka dalam pemungutan suara di parlemen.

Biden mengatakan Trump menghasut kekerasan yang dilakukan oleh ekstremis politik dan teroris domestik dalam serangan terencana dan terkoordinasi.



"Itu adalah pemberontakan bersenjata melawan Amerika Serikat. Dan yang bertanggung jawab harus bisa dimintai pertanggungjawaban," ujarnya.

"Hari ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat menjalankan kekuasaan yang diberikan kepada mereka di bawah Konstitusi kami dan memilih untuk memakzulkan dan meminta pertanggungjawaban presiden," sambungnya seperti dikutip dari Washington Times, Kamis (14/1/2021).



DPR memilih 232-197 untuk mendakwa Trump karena menghasut penyerangan Gedung Capitol pekan lalu, menjadikan Trump satu-satunya presiden AS yang pernah dimakzulkan dua kali. Sepuluh politisi Partai Republik memutuskan bersebrangan dengan partainya untuk bergabung dengan Partai Demokrat mendakwa presiden.

Sidang pemakzulan Trump akan berlanjut ke Senat pada hari-hari awal pemerintahan Biden. Jangka waktu yang pendek itu menjadi alasan utama Partai Demokrat di DPR AS bersikeras bahwa pemakzulan diperlukan: Trump sangat berbahaya sehingga dia perlu dicopot dari jabatannya secepat mungkin.

Banyak anggota DPR dari Partai Republik mengecam proses yang terburu-buru dan mengatakan pemakzulan adalah bagian lain dalam upaya tanpa henti dari Partai Demokrat untuk menggulingkan Trump dari jabatannya, bahkan ketika beberapa orang mengakui bahwa presiden harus menanggung kesalahan atas serangan itu.

(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)