Telepon Prabowo, Menhan AS Nyatakan Siap Bantu Pencarian Pesawat Sriwijaya Air

loading...
Telepon Prabowo, Menhan AS Nyatakan Siap Bantu Pencarian Pesawat Sriwijaya Air
Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan proses identifikasi dengan mengambil gambar serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Dermaga JICT, Tanjung Priok. Foto/Sindonews
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Christopher C. Miller menyampaikan bahwa AS siap memberikan bantuan, jika dibutuhkan, untuk mencari pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Hal itu disampaikan Miller saat melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto.

Menurut keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta, dalam pembicaraan tersebut, Miller awalnya mengucapkan belasungkawa atas tragedi tersebut dan menyampaikan simpati kepada keluarga, serta kerabat korban.

Baca juga: KNKT Identifikasi Serpihan Komponen Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

"Menhan Miller menawarkan dukungan apa pun yang mungkin diperlukan oleh Indonesia dan menyatakan keyakinannya atas kemampuan pemerintah Indonesia menangani peristiwa tersebut," bunyi keterangan kedubes AS yang diterima Sindonews pada Rabu (13/1/2021).

Sementara itu, sebelumnya pencarian pesawatSriwijaya Air SJ-182di perairan Kepulauan Seribu mengalami hambatan karena cuaca tidak bersahabat dangelombang tinggipada hari ini atau pada hari kelima.



Namun demikian, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam beberapa jam kedepan tren gelombang di laut akan menurun dan cuaca berangsur membaik.

Baca juga: Human Initiative Bantu Operasi SAR Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air

"Beberapa jam ke depan memang trennya sudah agak menurun, sehingga mungkin evakuasi di lokasi kecelakaan pesawat tim SAR akan mungkin bisa dilanjutkan," ujar Koordinator Lapangan BMKG di Posko JICT II, Sugarin.

(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top