Kebelet Ingin Diakui, Israel Kerahkan Buzzer Buat Merayu Timur Tengah

Selasa, 12 Januari 2021 - 20:56 WIB
loading...
A A A
Selama kunjungan baru-baru ini ke Dubai, anggota tim Lorena Khateeb memposting ke Twitter foto dirinya di luar ruangan dengan bendera Israel menutupi punggungnya.

"Tidak pernah membayangkan bahwa saya akan mengibarkan bendera Israel di negara Arab," katanya dalam postingan tertanggal 21 November dalam bahasa Arab dan Inggris. Beberapa hari kemudian, salah satu akun resmi Israel - bernama @IsraelintheGulf dan yang dia operasikan - men-tweet foto serupa yang dibungkus bendera.(Baca juga: Menlu Retno Kembali Tegaskan RI Tidak Berniat Normalisasi Hubungan dengan Israe )

Khateeb mengatakan kepada Reuters bahwa tanggapan terhadap postingannya sebagian besar positif tetapi beberapa negatif.

Gonen mengatakan tujuan dari tim itu adalah untuk menciptakan "keterlibatan, interaksi dan dialog" dengan audiens Arab. Dia mengatakan timnya menjangkau 100 juta orang setiap bulan melalui akun media sosialnya, dua kali lipat dari tahun lalu.

Akun Twitter utamanya, yang menggunakan pegangan @IsraelArabic dan memposting foto Ramadhan, memiliki lebih dari 425.000 pengikut.

Namun, negara Yahudi itu masih menghadapi penolakan yang meluas terhadap upaya rekonsiliasi di seluruh wilayah, yang menampung lebih dari 400 juta penutur bahasa Arab.

Michael Robbins dari Arab Barometer, jaringan penelitian non-partisan yang mempelajari sikap di seluruh dunia Arab, mengatakan survei pasca-normalisasi oleh kelompoknya di Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Yordania dan Lebanon menunjukkan bahwa upaya Israel dan sekutu regionalnya memiliki sedikit pengaruh pada pandangan warga biasa”

Dia mengatakan mereka kekurangan data dari negara-negara Teluk, yang tidak mengizinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan yang menyebut nama Israel, tetapi sikap di negara-negara tempat mereka melakukan survei telah sedikit berubah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa strategi Israel untuk memenangkan hati dan pikiran gagal. Beberapa warga Arab tanpa memandang usia atau geografi memiliki pandangan positif terhadap Israel,” kata Robbins.(Baca juga: Parlemen Iran Dilaporkan Ajukan RUU Pemusnahan Israel )
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)