Trump Mulai Ditinggalkan Para Menterinya, yang Terbaru Chad Wolf

Selasa, 12 Januari 2021 - 07:37 WIB
loading...
Trump Mulai Ditinggalkan Para Menterinya, yang Terbaru Chad Wolf
Pelaksana Tugas Menteri Keamanan Dalam Negeri AS Chad Wolf (kiri) dan Presiden Donald Trump. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
WASHINGTON - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) Chad Wolf telah mengundurkan diri. Dia orang terbaru di antara anggota Kabinet yang meninggalkan Presiden Donald Trump setelah kerusuhan Capitol Rabu pekan lalu.

Wolf mengatakan keputusannya mengundurkan diri karena putusan pengadilan yang merugikannya. (Baca: Anggap Pengkhianat, Massa Pro-Trump Hendak Gantung Wapres Pence di Capitol )

Wolf mengatakan dia sedih untuk mengundurkan diri, karena berencana untuk menjabat sampai pemerintahan Presiden Donald Trump berakhir."Tapi, langkah ini lantaran kejadian baru-baru ini, termasuk keputusan pengadilan yang sedang berlangsung dan tidak bermanfaat mengenai validitas otoritas saya sebagai Pelaksana Tugas Menteri," katanya.

Dalam pesan Twitter pada Senin (11/1/2021) oleh akun resminya, @DHS_Wolf, dia menulis; "Berlaku mulai pukul 23.59 hari ini, saya mengundurkan diri sebagai Pelaksana Tugas Menteri Anda."

Wolf tidak menyebutkan secara spesifik tentang penyerbun Gedung Capitol AS pada 6 Januari oleh massa pro-Trump, yang mendorong rekannya; Menteri Pendidikan Betsy DeVos dan Menteri Transportasi Elaine Chao mengundurkan diri.

Namun dia mengkritik respons Trump atas amuk massa tersebut. "Tindakan kekerasan ini tidak masuk akal, dan saya memohon kepada presiden dan semua pejabat terpilih untuk mengutuk keras kekerasan yang terjadi kemarin," kata Wolf pada Kamis atau sehari setelah kerusuhan. (Baca juga: Massa Pro-Trump Siapkan Pemberontakan Besar-besaran Jelang Pelantikan Biden )

"Setiap penampilan yang menghasut kekerasan oleh pejabat terpilih bertentangan dengan siapa kami sebagai orang Amerika," ujarnya.

Pada hari yang sama Wolf mengeluarkan pernyataan itu, pemerintahan Trump mengumumkan bahwa mereka telah menarik pencalonannya untuk menjadi Menteri Keamanan Dalam Negeri permanen. Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan pencalonan itu ditarik pada hari Rabu, dan langkah itu tidak terkait dengan kerusuhan atau pernyataan Wolf.

Wolf kemudian mengatakan bahwa dia bermaksud untuk tetap bekerja selama masa jabatan Trump. Pencabutan pencalonannya tidak berdampak praktis karena tidak ada waktu bagi Senat untuk mengonfirmasi pengangkatannya sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat pada 20 Januari.

Hanya beberapa jam sebelum Wolf mengatakan dia mengundurkan diri, dia mengumumkan bahwa dia telah menginstruksikan Dinas Rahasia untuk memulai operasi Acara Keamanan Khusus Nasional untuk pelantikan Biden pada 13 Januari, enam hari lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya. Dia mengutip peristiwa kerusuhan pekan lalu, meningkatkan kekhawatiran keamanan dan rekomendasi dari Direktur Dinas Rahasia James Murray.

Wolf telah lama menghadapi kesengsaraan hukum sendiri, dan telah terlibat dalam beberapa tuntutan hukum dengan alasan bahwa pengangkatannya ilegal.

Pada hari Jumat, Hakim Pengadilan Distrik AS James Donato memutuskan bahwa Wolf diangkat ke posisinya secara tidak sah dan, sebagai akibatnya, memblokir peraturan yang akan menempatkan pembatasan baru pada proses suaka AS. Beberapa hakim lain telah menemukan bahwa administrasi gagal mengikuti prosedur yang tepat saat menempatkan Wolf sebagai Pelaksana Tugas Menteri Keamanan Dalam Negeri.

Administrator FEMA Pete Gaynor akan menggantikan Wolf sebagai Pelaksana Tugas Menteri.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)