Merkel Kritik Langkah Twitter Suspend Akun Presiden Trump

Selasa, 12 Januari 2021 - 07:07 WIB
loading...
Merkel Kritik Langkah Twitter Suspend Akun Presiden Trump
Kanselir Jerman Angela Merkel. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Pemerintah Jerman mengkritik keputusan Twitter yang menutup (suspend) akun Twitter Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara permanen.

Berbicara saat konferensi pers di ibu kota Berlin, juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Steffen Seibert, mengatakan platform media sosial memikul tanggung jawab besar untuk memerangi berita palsu, tetapi dia juga menggarisbawahi pentingnya melindungi kebebasan berekspresi.

“Hak fundamental ini dapat diganggu, tetapi sebagaimana ditentukan undang-undang dan dalam batasan yang ditentukan pembuat undang-undang, tidak sesuai dengan keputusan manajemen platform media sosial,” ungkap Steffen Seibert.

"Dari sudut pandang ini, kanselir menganggap penangguhan permanen akun Presiden AS bermasalah," papar dia. (Baca Juga: Akun Twitter Disuspend, Trump Gunakan Akun @POTUS; 'Kami Tak Bisa Dibungkam!')

Twitter pada 8 Januari menangguhkan akun presiden AS, dua hari setelah massa pendukung Trump menyerbu US Capitol, yang menewaskan sedikitnya lima orang. (Lihat Infografis: Deretan Tragedi Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan)

"Setelah meninjau secara cermat Tweet baru-baru ini dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya, kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut," ungkap pernyataan Twitter. (Lihat Video: PPKM Berlaku Hari Ini, Suasana di Stasiun Pasar Senen Sepi)

Trump dituduh banyak orang menghasut para pendukungnya untuk menghentikan kemampuan Kongres mengonfirmasi kemenangan pemilu Presiden terpilih Joe Biden.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)