Arnold Schwarzenegger Samakan Pendukung Trump dengan Nazi

Senin, 11 Januari 2021 - 20:27 WIB
loading...
Arnold Schwarzenegger Samakan Pendukung Trump dengan Nazi
Arnold Schwarzenegger membandingkan penyerbuan Capitol Hill oleh pendukung Donald Trump dengan kekerasan Nazi terhadap kaum Yahudi di era Perang Dunia II. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Aktor Hollywood dan mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger membandingkan penyerbuan Capitol Hill oleh pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) , Donald Trump dengan kekerasan Nazi terhadap kaum Yahudi di era Perang Dunia II. Hal itu diungkapkan dalam video yang sangat pribadi, yang diunggah di Twitter.

Schwarzenegger, seorang anggota Partai Republik dan kritikus lama Trump, menyamakan pengepungan di Gedung Capitol pekan lalu dengan "Kristallnacht", atau Malam Kaca Pecah, ketika bisnis dan institusi milik Yahudi dihancurkan oleh Nazi pada tahun 1938, yang menyebabkan lusinan orang tewas.

"Mereka tidak hanya mendobrak pintu gedung yang menampung demokrasi Amerika. Mereka menginjak-injak prinsip dasar negara kami didirikan," katanya, seperti dilansir Reuters pada Senin (11/1/2021).

Berdasarkan pengalaman masa kecilnya di Austria pasca perang, Schwarzenegger memperingatkan ancaman terhadap demokrasi dari kebohongan dan intoleransi, dan memperingatkan terhadap keterlibatan arus utama.

"Saya dibesarkan di reruntuhan negara yang menderita kehilangan demokrasinya. Saat tumbuh, saya dikelilingi oleh orang-orang yang hancur yang meminum rasa bersalah atas partisipasi mereka dalam rezim paling jahat dalam sejarah," katanya.

"Tidak semuanya fanatik anti-Semit atau Nazi. Banyak yang berjalan begitu saja, selangkah demi selangkah, di jalan. Mereka adalah tetangga saya," sambungnya. ( Baca juga: DPR AS Tekan Pence Pecat Presiden Trump, Siapkan Pemakzulan Kedua )

Pria yang memulai karirnya sebagai binaragawan sebelum mencapai ketenaran di seluruh dunia melalui perannya dalam film-film seperti The Running Man dan Predator, mengungkapkan, bahwa dia mengalami kekerasan dalam rumah tangga, yang dilakukan ayahnya.

"Sekarang, saya tidak pernah membagikan ini secara terbuka, karena itu adalah kenangan yang menyakitkan. Tapi, ayah saya akan pulang dalam keadaan mabuk, sekali atau dua kali seminggu, dan dia akan berteriak dan memukul kami, dan menakuti ibu saya," ucapnya.

"Saya tidak menganggap dia benar-benar bertanggung jawab, karena tetangga luar melakukan hal yang sama kepada keluarganya, begitu pula tetangga berikutnya. Saya mendengarnya dengan telinga saya sendiri dan melihatnya dengan mata kepala sendiri," ujarnya. ( Baca juga: Arnold Schwarzenegger kepada Trump: Hasta la vista, Donald! )

Aktor 73 tahun itu mengatakan, Trump, yang akan dikenangnya sebagai presiden terburuk dalam sejarah AS, telah mengupayakan kudeta dengan menyesatkan orang dengan kebohongan. Dia mendesak orang Amerika untuk mengesampingkan keyakinan politik mereka dan menyembuhkan diri bersama.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)