Taiwan Uji Tembak Rudal dengan Ketinggian Lintasan 'Tak Terhingga'

Jum'at, 08 Januari 2021 - 15:20 WIB
loading...
Taiwan Uji Tembak Rudal dengan Ketinggian Lintasan Tak Terhingga
Taiwan menguji tembak rudal Hsiung Feng IIE di Pangkalan Militer Jioupeng, Kamis (7/1/2021). Foto/Anadolu
A A A
TAIPEI - Taiwan pada Kamis berhasil menguji tembak rudal surface-to-surface dengan ketinggian lintasan tertinggi "tak terhingga".

Pengembangnya, National Chung-Shan Institute of Science and Technology, mengatakan uji coba misil yang disebut sebagai Hsiung Feng IIE dilakukan di Pangkalan Militer Jioupeng di Pingtung County di Taiwan Selatan.

Uji misil ini merupakan manuver militer pertama yang dilakukan oleh Taiwan pada tahun 2021. (Baca: China Ledek Kerusuhan Capitol: 'Pemandangan yang Indah' )

Uji coba rudal dilakukan di tengah meningkatnya aktivitas udara dan laut oleh China, Amerika Serikat (AS), dan Taiwan di Selat Taiwan.

Taipei berulang kali mengeluhkan pesawat militer Beijing melayang di dekat ruang udaranya selama beberapa minggu terakhir.

Mengutip laporan Taiwan News, uji coba misil dilakukan pada Kamis pagi di tengah kondisi cuaca buruk, tetapi senjata itu berhasil diluncurkan pada sudut 45 derajat.

Taiwan diperkirakan akan melakukan lebih banyak peluncuran uji coba misil dalam beberapa hari mendatang.

China menganggap Taiwan—yang secara resmi dikenal sebagai Republik China—sebagai provinsi yang membangkang. Namun, Taiwan menegaskan kemerdekaannya sejak 1949 dan memiliki hubungan diplomatik dengan 16 negara. (Baca juga: Donald Trump Pertimbangkan untuk Ampuni Dirinya Sendiri )

AS sejak lama menyatakan dukungan terbuka kepada Taiwan dan menjual persenjataan berteknologi tinggi ke Taipei. China, yang marah dengan dukungan Amerika, telah meningkatkan operasi militernya di dekat Taiwan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)