Puluhan Warga Sipil Tewas dalam Serangan Kelompok Bersenjata di Niger

Minggu, 03 Januari 2021 - 10:23 WIB
loading...
A A A
Mantan Menteri Dalam Negeri Niger Mohamed Bazoum dari Partai Niger untuk Demokrasi dan Sosialisme memimpin pemungutan suara dengan 39 persen suara. Dia sekarang akan menghadapi mantan Presiden Mahamane Ousmane, yang mengumpulkan 17 persen suara, dalam pemilihan ulang pada 20 Februari.

Area tempat serangan hari Sabtu terjadi, Mangaize, terletak di Tillaberi, wilayah yang luas dan tidak stabil tempat perbatasan Niger, Mali, dan Burkina Faso bertemu.

Kelompok bersenjata yang memiliki hubungan dengan al-Qaeda dan kelompok bersenjata ISIS semakin meningkatkan serangan di wilayah Sahel Afrika Barat dalam beberapa tahun terakhir meskipun ada ribuan pasukan regional dan asing.(Baca juga: Serangan Teroris Guncang Bandara Yaman, Korban Tewas Menjadi 26 Orang )

Kekerasan telah melanda Mali dan Burkina Faso yang paling parah, tetapi juga meluas ke Niger barat. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, setidaknya 4.000 orang di tiga negara tewas dalam kekerasan yang terkait dengan kelompok bersenjata pada 2019.

Pada 21 Desember, tujuh tentara Nigeria tewas dalam serangan di Tillaberi, sementara 34 penduduk desa dibantai di wilayah tenggara Diffa di perbatasan Nigeria bulan lalu.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)