Kisah Ilmuwan Tanpa Kewarganegaraan Coba Temukan Vaksin Covid-19

Minggu, 03 Januari 2021 - 04:01 WIB
loading...
Kisah Ilmuwan Tanpa Kewarganegaraan Coba Temukan Vaksin Covid-19
Nowras Rahhal
A A A
BERLIN - Tanyakan pada Nowras Rahhal tentang pekerjaan mutakhirnya soal vaksin Covid-19 . Dia akan bisa menjelaskan soal kerumitan menemukan vaksin untuk virus mematikan itu. Tetapi, tanyakan dari mana asalnya dan dia akan kesulitan untuk menemukan kata-kata.

Rahhal, yang pindah ke Jerman dua tahun lalu dari Ibu Kota Suriah , Damaskus, saat ini tidak memiliki kewarganegaraan . Artinya, tidak ada negara yang mengakui dia sebagai warga negara. “Ketika Anda tidak memiliki kewarganegaraan, pertanyaan sederhana 'Dari mana asal Anda?' Menjadi sangat berat,” katanya, seperti dilansir Al Arabiya.

(Baca: Ratusan Warga Israel Terinfeksi COVID-19 Setelah Disuntik Vaksin Pfizer )

“Kebanyakan orang dengan senang hati mengatakan di mana mereka berada, tapi saya tidak tahu harus menjawab apa. Saya ingin sekali memiliki tempat untuk menelepon ke rumah," sambungnya.

Pria berusia 27 tahun itu baru saja selesai bekerja dengan tim di salah satu institut Max Planck untuk mengembangkan sistem yang memungkinkan vaksin Covid-19 diterapkan ke kulit, bukan disuntikkan ke otot.

Dia mengatakan, teknik yang ditelitinya menargetkan sel-sel kekebalan spesialis di kulit yang dapat memicu reaksi kekebalan di dalam tubuh. Ini akan membutuhkan dosis yang jauh lebih kecil per orang dan memunculkan keuntungan besar ketika menginokulasi populasi besar.

Sebelum tiba di Jerman, Rahhal menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari suara pengeboman dan tembakan artileri, menggunakan ponselnya untuk membaca saat listrik padam di rumahnya di Damaskus. Namun, pencapaian akademis Rahhal menjadi luar biasa karena alasan lain, orang tanpa kewarganegaraan sering kesulitan untuk mengakses pendidikan.

Kakek Rahhal termasuk di antara puluhan ribu warga Palestina yang melarikan diri dari kota Haifa di Mediterania selama konflik saat kelahiran Israel pada tahun 1948. Saat ini ada setengah juta orang Palestina di Suriah, tetapi mereka tidak diizinkan untuk melakukan naturalisasi, meskipun sebagian besar lahir di negara tersebut.

(Baca: Banyak Masyarakat Masih Ragu Keamanan Vaksin Covid-19 )

Meskipun ibu Rahhal adalah orang Suriah, undang-undang di banyak negara Arab melarang wanita untuk mewariskan kewarganegaraan mereka kepada anak-anak mereka. Jadi, Rahhal dan kedua saudara laki-laki serta saudara perempuannya terlahir tanpa kewarganegaraan, sama seperti ayah mereka.

Saat ini diperkirakan ada 10 juta orang tanpa kewarganegaraan di dunia, dengan populasi besar di Myanmar, Pantai Gading, Thailand, dan Republik Dominika. Hak-hak dasar mereka dirampas, mereka seringkali hidup terpinggirkan. Meski warga Palestina tanpa kewarganegaraan tidak menikmati hak yang sama dengan warga negara Suriah, mereka masih bisa mengakses pendidikan, perawatan kesehatan, dan pekerjaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)