8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia

loading...
8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia
Tak dipungkiri saat ini masih banyak kaum muslimah di berbagai negara yang mengalami diskriminasi. Namun bagi sebagian mereka, diskriminasi tidak menjadi penghambat. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
TAK dipungkiri saat ini masih banyak kaum muslimah di berbagai negara yang mengalami diskriminasi. Namun bagi sebagian mereka diskriminasi tidak menjadi penghambat dalam melakukan aksi inspiratif dalam melakukan perubahan sosial. Berikut sejumlah aktivis perempuan Muslim yang berprestasi dunia.

1. Malala Yousafzai

8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia


Malala Yousafzai, mahasiswa Pakistan di Universitas Oxford Inggris itu memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian untuk kampanye pendidikan bagi perempuan. Ia selamat dari serangan Taliban pada 2012. Peristiwa itu tak menghentikannya melanjutkan pendidikannya. (Baca juga: Lembaga-lembaga Amal Terdepan di Dunia)

Ia menggalang dana melalui Dana Malala untuk membantu anak perempuan mendapatkan pendidikan di mana-mana. Kendati memiliki kesibukan sebagai mahasiswa di Oxford, tetapi itu tak memperlambat pekerjaannya. Malala juga masih bekerja dengan para pemimpin dunia untuk melanjutkan program pendidikan anak perempuan.



2. Amani Al-Khatahtbeh

8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia


Amani Al-Khatahtbeh mendirikan Muslim Girl, sebuah media yang dimaksudkan menormalkan kata “Muslim,” menempatkan narasi perempuan Muslim, dan meningkatkan tempat perempuan Muslim dalam masyarakat. Muslim Girl meluncurkan Hari Wanita Muslim yang merupakan ide Al-Khatahtbeh. (Baca juga: Daftar Orang-orang Super Jenius Sepanjang Sejarah)

Pada 2016, perempuan keturunan Jordania itu juga menerbitkan sebuah memoar, Muslim Girl: A Coming of Age. Dalam situs portal pribadinya terus-menerus menampilkan perempuan Muslim yang naik daun.

3. Linda Sarsour



8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia


Linda Sarsour adalah seorang aktivis. Ia bersama teman-temannya membentuk gerakan Perempuan Maret. Saat ini, Sarsour melangkah ke garis terdepan aktivisme di Amerika Serikat (AS) melalui platform itu. Di antara hal-hal lain, ia memperjuangkan pengakuan hari penting Islam sebagai hari libur di New York Public Schools, ikut memimpin March2Justice pada 2015, dan memberikan pidato mengesankan di Women Marches.

4. Dalia Mogahed

8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia


Dalia Mogahed adalah seorang direktur penelitian di Institut Kebijakan dan Pemahaman Sosial di AS. Ia mengalami bermacam tindakan Islamofobia atas kebijakan Presiden Donald Trump.

Ia meluncurkan Islamophobia: A Threat to All sebagai sebuah proyek penelitian yang bertujuan menghasilkan beberapa publikasi pendidikan. Melalui itu, ia berharap ada hasil kajian memeriksa dampak Islamofobia dan menemukan cara efektif melawannya.

5. Tawakkol Karman

8 Aktivis Perempuan Muslim Berprestasi Dunia
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top