Mengapa Ledakan Hebat di Nashville AS Tak Dinyatakan Aksi Teroris?

Sabtu, 26 Desember 2020 - 14:35 WIB
loading...
Mengapa Ledakan Hebat di Nashville AS Tak Dinyatakan Aksi Teroris?
Ledakan hebat mengguncang pusat kota Nashville, Amerika Serikat, pada Hari Natal (25/12/2020). Foto/Andrew Nelles/Tennessean.com/USA Today Network/Handout via REUTERS
A A A
CHICAGO - Ledakan hebat yang berasal dari mobil RV pada pagi Hari Natal (25/12/2020) di Nashville , Tennessee, Amerika Serikat (AS) , dinyatakan polisi sebagai "ledakan yang disengaja". Namun, polisi maupun Biro Investigasi Federal (FBI) tidak menyimpulkannya sebagai aksi teroris.

(Baca juga : Rusia Bikin Aplikasi Tiruan TikTok, Digawangi Anak Presiden Vladimir Putin )

Tiga orang terluka dalam ledakan itu. Ada juga temuan satu jasad manusia di sekitar lokasi ledakan, yang belum dipastikan apakah pelaku atau korban ledakan.

Polisi federal dan lokal berjanji untuk mencari tahu siapa di balik ledakan yang mengguncang pagi Hari Natal itu. Polisi Chicago sedang memantau situasi, tetapi pada Jumat malam mengatakan tidak ada ancaman yang kredibel terhadap kota itu. (Baca: Ledakan Guncang Pusat Kota Nashville AS di Hari Natal )

Juru bicara FBI, Joel Siskovic, mengatakan biro investigasi itu memimpin penyelidikan, dan akan bekerja sama dengan otoritas negara bagian dan otoritas lokal. Penyelidik federal dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak juga berada di Nashville pada Jumat malam.

Pakar terorisme di Chicago, Robert Pape, mengatakan pada tahap awal kasus ini memiliki tanda-tanda serangan terorisme demonstratif, artinya orang di baliknya menginginkan perhatian.

(Baca juga : Putra Mahkota Arab Saudi Dapatkan Dosis Pertama Vaksin COVID-19 )

Sebelum ledakan terjadi, ada suara peringatan dari sebuah rekaman yang diduga berasal dari mobil RV yang kemudian meledak. Suara peringatan itu menyerukan orang-orang segera mengevakuasi diri karena ada bom di dalam mobil tersebut.

"Evakuasi sekarang. Ada bom. Sebuah bom ada di dalam kendaraan ini dan akan meledak,” bunyi suara peringatan itu yang kemudian dilanjutkan dengan suara hitungan mundur 15 menit.

Polisi dan para agen federal gencar menyisir area sekitar lokasi ledakan, namun tidak menemukan benda-benda yang dicurigai sebagai bahan peledak tambahan. Fokus mereka sekarang telah bergeser ke sebuah motif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)