Diplomat Jerman Datangi Markas FPI, Kemlu Indonesia Protes

Senin, 21 Desember 2020 - 05:27 WIB
loading...
Diplomat Jerman Datangi Markas FPI, Kemlu Indonesia Protes
Diplomat dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta mendatangi markas FPI pada 19 Desember 2020. Foto/SINDOnews.com
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta pada hari Minggu. Pemanggilan ini terkait tindakan seorang diplomat dari kedutaan tersebut yang mendatangi markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta.

"Untuk meminta klarifikasi dan menyampaikan protes atas kegiatan Staf Kedutaan Jerman di Jakarta yg mendatangi sebuah organisasi di Petamburan," bunyi siaran pers Kemlu RI. (Baca: Kemlu: Kunjungan Diplomat Jerman ke Markas FPI Inisiatif Pribadi )

Dalam pemanggilan tersebut, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman membenarkan bahwa ada staf Kedutaan yang mendatangi sekretariat organisasi tersebut. "Pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman," lanjut Kemlu mengutip penjelasan Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman.

"Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya," sambung Kemlu.

Kepala Perwakilan Kedubes Jerman, kata Kemlu, juga menyangkal isi berbagai pernyataan yang disampaikan FPI.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman memastikan bahwa insiden tersebut tidak mencerminkan kebijakan Pemerintah dan Kedutaan Besar Jerman serta menolak tegas kesan bahwa kedatangan staf Kedutaan tersebut sebagai bentuk dukungan Jerman kepada organisasi tersebut," papar Kemlu. (Baca juga: Kedubes Jerman Akui Diplomatnya Kunjungi Markas FPI, Ini Alasannya )

Kedutaan Jerman juga secara tegas menyampaikan dukungan dan komitmen pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerjasama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian.

Meski sudah minta maaf dan menyesal, Kemlu menuntut agar Kedutaan Besar Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kemlu.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera untuk mempertanggung-jawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," imbuh Kemlu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)