Hidup Mewah Putin: Kekayaan Rp3.066 T, Istana hingga Armada Kapal Pesiar

Jum'at, 18 Desember 2020 - 01:10 WIB
loading...
Hidup Mewah Putin: Kekayaan Rp3.066 T, Istana hingga Armada Kapal Pesiar
Bangunan mewah di Rusia yang dilaporkan media setempat sebagai istana rahasia Presiden Vladimir Putin. Foto/East2West
A A A
MOSKOW - Surat kabar Rusia , Sobesednik, melaporkan Presiden Vladimir Putin hidup mewah seperti raja. Pemimpin Kremlin ini dilaporkan memiliki kekayaan senilai ÂŁ160 miliar (lebih dari Rp3.066 triliun) yang mencakup istana yang ukurannya dua kali Istana Buckingham hingga armada kapal pesiar.

(Baca juga : Kegiatan Baca Al-Qur'an Diguncang Bom, 15 Anak Meninggal )

Laporan itu menyebutkan bahwa Vladimir Putin diyakini telah meningkatkan kerajaan propertinya senilai ÂŁ1 miliar dengan istana baru senilai ÂŁ200 juta. Istana itu dibangun di "desa miliarder" yang sangat aman di pinggiran Moskow dan dikelilingi dalam kerahasiaan total. (Baca: Terancam oleh Militer Indonesia, Benny Wenda 'Merengek' ke PBB )

Para pengkritiknya juga mengklaim bahwa dia telah mengumpulkan kekayaan pribadi yang sangat besar dan memiliki armada kapal pesiar, mobil, dan istana rahasia.

Putin selalu mengklaim menikmati gaji negara yang relatif sederhana sekitar ÂŁ100.000.

Namun, para ahli mengatakan dia benar-benar 60 kali lebih kaya dari Presiden AS Donald Trump.

Kritikus politik Boris Nemtsov menyusun dokumen yang menuduh Putin bahkan memiliki empat kapal pesiar yang diam-diam berlabuh di sekitar Rusia.

Dia juga mengklaim Putin memiliki 43 pesawat, 7.000 mobil dan 15 helikopter—termasuk jet Ilyushin dengan toilet emas senilai £50.000. (Baca: Misteri Sosok 'D', Bos Baru Mossad Pilihan PM Israel Netanyahu )

Nemtsov menambahkan pemimpin Rusia itu bahkan memiliki koleksi berbagai jam tangan senilai sekitar ÂŁ500.000, termasuk yang seharga ÂŁ300.000.

Menurut surat kabar tersebut, sosok Svetlana Krivonogikh yang disebut sebagai "pacar rahasia" Putin juga memiliki simpanan besar di bank.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)