WHO: Kematian Global Akibat Covid-19 Naik 60% dalam 6 Minggu

Sabtu, 12 Desember 2020 - 03:00 WIB
loading...
WHO: Kematian Global Akibat Covid-19 Naik 60% dalam 6 Minggu
Angka kematian global akibat Covid-19 naik 60% dalam 6 minggu. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , Tedros Ghebreyesus, menyatakan keprihatinannya terhadap peningkatan kematian global akibat Covid-19 sebanyak 60% dalam enam minggu terakhir dan dua kali lipat di Eropa.

"Dalam enam minggu terakhir, jumlah kematian mingguan meningkat sekitar 60%," kata Tedros.

“Sebagian besar kasus dan kematian terjadi di Eropa dan Amerika,” urainya, sementara pejabat WHO lainnya mencatat bahwa kenaikan di Eropa pada periode tersebut adalah 100% seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (12/12/2020).



Meski begitu, Tedros menyambut baik perkembangan penelitian vaksin Covid-19 . Ia mengatakab bahawa cahaya semakin terang dengan vaksin untuk melawan Covid-19 telah tersedia.

“Cahaya di ujung terowongan semakin terang, tetapi kami harus menghadapi beberapa tantangan untuk membuat cahayanya benar-benar terang,” ujarnya.

Tedros mengatakan minggu ini, vaksin melawan Covid-19 mulai diluncurkan di Inggris, dan lebih banyak negara diharapkan mengikutinya.

“Mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk melawan virus yang sama sekali tidak kami ketahui setahun yang lalu adalah pencapaian ilmiah yang luar biasa,” pujinya.(Baca juga: WHO: Dunia Dapat Mulai Bermimpi Tentang Akhir dari Pandemi )

Kepala WHO itu mengatakan bahwa musim perayaan saat ini adalah waktu untuk bersantai dan merayakan.

“Tapi kita tidak harus mengendurkan kewaspadaan kita. Perayaan dapat dengan cepat berubah menjadi berkabung jika kita gagal melakukan tindakan pencegahan yang tepat,” imbau Tedros.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)