Archipelago Inc: UKM Indonesia Sukses Tembus Pasar Daring Terbesar Dunia

Jum'at, 11 Desember 2020 - 16:01 WIB
loading...
Archipelago Inc: UKM Indonesia Sukses Tembus Pasar Daring Terbesar Dunia
Duta Besar RI untuk Kanada Abdul Kadir Jailani. Foto/KBRI Vancouver
A A A
VANCOUVER - Sebagai dampak pandemi COVID-19, tren penggunaan platform e-commerce di Kanada meningkat secara signifikan.

Berbagai upaya meningkatkan perdagangan Indonesia dengan Kanada dilakukan, khususnya bagi produk UMKM Indonesia.

KJRI Vancouver bersama Kementerian Perdagangan, ITPC Vancouver, BNI New York, BRI New York menjadi key partner pendirian Archipelago Inc, marketplace online toko produk Indonesia di Amazon.

Archipelago Inc: UKM Indonesia Sukses Tembus Pasar Daring Terbesar Dunia


Sebagai marketplace online produk Indonesia di Amazon, Archipelago Inc diperkirakan dapat menarik exposure luas karena dengan masuk ke dalam ecosystem Amazon diperkirakan mampu menjangkau pengguna aktif Amazon yang mancapai 120 juta orang di seluruh dunia. (Baca Juga: Tangkal Manuver China, Taiwan Kerahkan Kapal Penjaga Pantai Baru)

Archipelago Inc akan masuk dalam pasar Amazon untuk kawasan Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) yang merupakan pasar Amazon yang terbesar dengan nilai penjualan yang mencapai USD200 miliar per tahun. (Lihat Infografis: Pertama dalam Sejarah AS, Kapal Induk Nuklir Dipimpin Perempuan)

Pada 10 Desember 2010 telah dilakukan grand launching Archipelago Inc di kantor ITPC Vancouver yang diresmikan secara langsung dan hybrid oleh Duta Besar RI untuk Kanada, Abdul Kadir Jailani, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dr Kasan, Konsul Jenderal RI Vancouver Dr Tuti Irman, hadir pula Bapak Tommy Kurniawan, anggota Komisi VI DPR RI, wakil BRI New York, BNI New York, UKM Indonesia, influencers serta bloggers Kanada. (Lihat Video: Akan Diperiksa, Kuasa Hukum: Kemungkinan Rizieq Belum Bisa Datang)

Pada tahap awal launching Archipelago Inc memfokuskan pada bidang food, beverages serta health and beauty dengan total 23 (dua puluh tiga) vendors UKM Indonesia yang ditempatkan pada marketplace Amazon pada saat launching.



Pada tahap berikutnya Archiplego Inc merencanakan dua tahap berikutnya untuk kurasi produk UKM Indonesia dengan pemilihan produk yang lebih variatif untuk diperdagangkan online.

Dalam rangka meningkatkan brand awareness KJRI Vancouver, ITPC Vancouver dan Archipelago Inc akan memprogramkan serangkaian agenda promosi baik di Amazon melalui iklan dan search engine Amazon, konten media sosial serta program off-line lainnya yang mengkampanyekan keberadaan atau kehadiran produk makanan minuman Indonesia tersebut

"Selain mempromosikan produk-produk UMKM, program Archipelago marketplace diharapkan dapat meningkatkan citra Indonesia dengan produk-produk yang menarik dan mampu bersaing di pasar daring global di era Pandemi COVID-19," ungkap Duta Besar RI untuk Kanada, Abdul Kadir Jailani.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)