Boeing 737 MAX Kembali Mengudara di Langit Brasil

Jum'at, 11 Desember 2020 - 10:14 WIB
loading...
Boeing 737 MAX Kembali Mengudara di Langit Brasil
Pesawat Boeing 737 Max maskapai Brasil GOL Linhas Aereas bersiap mendarat di Bandara Salgado Filhodi Porto Alegre, Brasil, kemarin. Foto/Reuters
A A A
BRASILIA - Pesawat Boeing 737 MAX ternyata terbang dengan diam-diam di Brasil. Padahal, selama 20 bulan terakhir, pesawat itu telah dikandangkan oleh berbagai maskapi di seluruh dunia menyusul kecelakaan yang menewaskan ratusan orang di Indonesia dan Ethiopia.

Penerbangan tersebut dioperasikan oleh Gol Linhas Aereas Inteligentes, maskapai penerbangan terbesar di Brasil dan salah satu pelanggan terbesar Boeing. Penerbangan Boeing 737 MAX itu berlangsung antara Sao Paulo dengan Porto Alegre. (Baca: Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah)

Penerbangan yang berlangsung pada Rabu (10/12) itu berlangsung tanpa banyak pemberitaan dan penyambutan.Gol menolak memberikan informasi dan rute penerbangan.Apalagi, mereka juga tidak memberitahukan kepada pelanggannya tentang penggunaan pesawat tersebut.

Namun demikian, penerbangan itu menjadi hal penting bagi Boeing yangmencoba untuk menghidupkan kembali Boeing 737 MAX lebih awal. Target awalnya adalah akhir 2019,namun pandemic korona menghalangi niat baik Boeing.MAX merupakan versi terbaru pesawat berbadan kecil 737 yang dikenal laris manis di pasaran.

Boeing 737 MAX telah mendapatkan lampu hijau untuk kembali terbang oleh badan penerbangan sipil Brasil(ANAC) pada November lalu. Itu menyusullangkah Badan Penerbangan Federal (FAA) AS. American Airlines merupakan maskapai yang diperkirakan akan menghidupkan kembali penerbangan dengan MAX pada 29 November mendatang.

Maskapai Gol sebelumnya mengatakan bahwa 140 pilotnya telah menjalani pelatihan di pesawat yang diperbaiki di AS. Gol memiliki tujuh pesawat Boeing 737 MAX yang rencananya akan digunakan pada 27 penerbangan domestik komersial. (Baca juga: Lulus Kuliah Ingin Dapat Pekerjaan yang Diimpikan, Ini Kuncinya)

Produsen pesawat, Boeing, telah menerapkan serangkaian modifikasi termasuk memperbarui perangkat lunak kontrol penerbangan, merevisi prosedur awak, dan mengubah rute kabel internal. Wakil presiden operasi maskapai Gol, Celso Ferrer, mengatakan dia memiliki kepercayaan penuh pada keselamatan pesawat setelah modifikasi tersebut. "Selama 20 bulan terakhir, kami telah melakukan tinjauan keselamatan paling intensif dalam sejarah penerbangan komersial. Keselamatan menjadi yang utama dan terpenting," katanya dilansir BBC.

Selanjutnya, seorang juru bicara perusahaan Gol mengatakan bahwa penumpang dapat melakukan penjadwalan ulang tanpa biaya tambahan jika mereka tidak ingin bepergian dengan Boeing 737 MAX . "Mereka akan dapat menjadwal ulang perjalanan tanpa biaya atau perbedaan tarif, dengan keberangkatan dan tujuan yang sama, dalam masa berlaku tiket, yaitu 12 bulan sejak tanggal pembelian," kata juru bicara itu.Selain menjadi maskapai penerbangan komersial pertama yang menggunakan Boeing 737 Max untuk rute komersial, Gol juga mengonfirmasi telah memesan 95 pesawat 737 Max. (Baca juga: Sudah Ada Kredit Anti Rentenir, Lindah Darat Kocar-Kacir)

Sebelumnya, Boeing terpaksa menghentikan layanan 737 Max setelah dua kecelakaan terjadi dalam waktu lima bulan yang menewaskan 346 orang, termasuk kecelakaan pesawat Boeing 737 Max milik maskapai Lion Air di perairan Karawang pada 2018 lalu. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3334 seconds (10.101#12.26)