Sambangi Tigray, Staf PBB Ditembaki Pasukan Ethiopia

Rabu, 09 Desember 2020 - 10:24 WIB
loading...
Sambangi Tigray, Staf PBB Ditembaki Pasukan Ethiopia
Pasukan Ethiopia menembaki staf PBB di Tigray. Foto/Ilustrasi
A A A
ADDIS ABABA - Pemerintah Ethiopia mengatakan pasukannya telah menembaki tim kemanusiaan PBB setelah tidak berhenti di pos pemeriksaan di wilayah Tigray yang bergolak. Pemerintah Ethiopia bersikeras untuk memimpin dalam mengordinasikan pengiriman bantuan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa kemarin mengatakan pihaknya terlibat insiden tingkat tinggi dengan pemerintah Ethiopia, menyusul laporan bahwa tim PBB ditembak dan ditahan sebentar ketika mencoba mengakses kamp pengungsi selama akhir pekan di wilayah Tigray.

Terkait laporan itu, jurubicara satuan tugas pemerintah Ethiopia di Tigray, Redwan Hussein mengatakan bahwa staf PBB "merusak" dua pos pemeriksaan dan berusaha melewati yang ketiga ketika mereka ditembak dan ditahan.



"Dilaporkan tidak ada yang cedera dan para staf telah dibebaskan," tambahnya seperti dikutip dari Deutsche Welle, Rabu (9/12/2020).

Insiden itu terjadi menyusul kesepakatan pekan lalu antara PBB dan pemerintah Ethiopia yang mengizinkan akses kemanusiaan ke Tigray. Ribuan orang tewas sejak pertempuran meletus di wilayah itu pada awal November antara separatis dan pasukan pemerintah. PBB memperkirakan hingga 950.000 orang telah mengungsi.

Namun, akses ke wilayah tersebut tetap dibatasi, dan kelompok bantuan kemanusiaan mengatakan mereka tidak diizinkan untuk mengirimkan barang-barang penting seperti makanan dan obat-obatan.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan Selasa bahwa ada empat orang di tim PBB yang sedang melakukan penilaian jalan di daerah itu untuk pengiriman bantuan, dan sedang mencari akses ke kamp Shimelba untuk pengungsi Eritrea.(Baca juga: Pemberontak Tigray: Perang Ethiopia Masih Belum Usai )

Namun, juru bicara satuan tugas Ethiopia Hussein mengatakan bahwa pekerja bantuan telah diperintahkan untuk menghindari daerah itu dan sebaliknya "memanjakan diri" dalam "ekspedisi petualang."

Pemerintah Ethiopia telah menjelaskan bahwa mereka ingin mengatur sendiri aliran bantuan kemanusiaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)