China dan Nepal Revisi Ketinggian Gunung Everest

Selasa, 08 Desember 2020 - 18:28 WIB
loading...
A A A
"Sebelumnya, kami tidak pernah melakukan pengukuran sendiri," ujar juru bicara di departemen survei Nepal, Damodar Dhakal.

"Sekarang kami memiliki tim teknis muda (yang juga bisa pergi ke puncak Everest), kami bisa melakukannya sendiri," sambung Dhakal seperti dikutip dari BBC, Selasa (8/12/2020).

Ketinggian Gunung Everest sempat dipertanyakan setelah beberapa ahli geologi menyatakan gempa bumi besar pada tahun 2015 mungkin berdampak pada ketinggian Gunung Everest. Gempa berkekuatan 7,8 menewaskan hampir 9.000 orang di Nepal, dan menyebabkan longsoran salju yang mengubur bagian dari base camp di gunung tersebut. Sedikitnya 18 pendaki tewas.

Beberapa ahli geologi mengatakan gempa bumi mungkin telah menyebabkan topi salju Everest menyusut.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa puncak Himalaya lainnya seperti Langtang Himal, sebagian besar di utara Kathmandu dan dekat dengan pusat gempa, telah berkurang ketinggiannya kira-kira satu meter setelah gempa bumi.

Yang lain berpendapat bahwa Gunung Everest, seperti puncak Himalaya lainnya, mungkin benar-benar tumbuh seiring waktu karena pergeseran lempeng tektonik yang didudukinya. Tetapi para ahli mengatakan gempa bumi besar dapat mengakibatkan proses itu terbalik.

"Gempa tahun 2015 juga menjadi alasan utama mengapa kami mengukur ulang gunung tersebut," ungkap Dhakal.

Ketinggian pegunungan diukur dengan permukaan laut rata-rata sebagai dasarnya. Jadi ini bukan tentang mengerjakan di mana bagian atas, daripada di mana bagian bawah akan berada.

Nepal menggunakan Teluk Benggala sebagai permukaan lautnya, tetapi India telah mensurvei titik yang lebih dekat ke Everest, dekat perbatasan India-Nepal, dari teluk, dan mampu memberikan ketinggian pada titik tersebut bagi surveyor Nepal.

Dari sana, Nepal membangun jaringan stasiun garis pandang yang membentang hampir 250 km hingga titik Everest pertama kali terlihat, menciptakan rantai titik yang dapat diukur dan dijumlahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)