Biden Tunjuk Purnawirawan Jenderal Austin sebagai Menteri Pertahanan

Selasa, 08 Desember 2020 - 11:29 WIB
loading...
Biden Tunjuk Purnawirawan Jenderal Austin sebagai Menteri Pertahanan
Jenderal Lloyd Austin (kanan) dan Presiden AS Barack Obama saat masih menjabat pada 2014. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menunjuk purnawirawan Jenderal Lloyd Austin sebagai menteri pertahanan (menhan) dalam pemerintahannya mendatang.

Kabar ini dilaporkan oleh media AS. Jenderal Austin, 67, akan menjadi Afro-Amerika pertama yang memimpin Pentagon.

Dia memimpin Komando Sentral AS selama pemerintahan Obama. Dia perlu mendapat dukungan Kongres untuk posisi yang dipegangnya setelah sekitar tujuh tahun pensiun.



Keputusan Biden itu datang dua pekan setelah dia mengumumkan anggota senior lainnya dalam tim keamanan nasionalnya. (Baca Juga: Marah Karena Kalah, Trump Menyebut AS 'Negara Dunia Ketiga')

Biden dan Jenderal Austin sejauh ini belum memberikan komentar publik tentang masalah ini. (Lihat Infografis: Ngerinya Senapan Sniper Anak Bangsa, Bikin Tank Tak Berkutik)

Laporan media sebelumnya menyatakan presiden terpilih dari Partai Demokrat itu akan mencalonkan pejabat Pentagon veteran Michele Flournoy untuk posisi itu. Jika benar, Flournoy akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi itu. (Lihat Video: Banjir Rendam Sejumlah Kawasan di Jakarta)

Biden mengalahkan Presiden Donald Trump dari Partai Republik dalam pemilu 3 November, dan akan dilantik pada 20 Januari.

Trump terus menolak menerima kekalahan dalam pemilu tersebut. Dia menuduh, tanpa bukti, telah terjadi penipuan dan kecurangan pemilu yang meluas.

Siapakah Jenderal Austin?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)