Arab Saudi Batalkan Kunjungan Bos Mossad

loading...
Arab Saudi Batalkan Kunjungan Bos Mossad
Arab Saudi batalkan kunjungan pejabat tinggi Israel. Foto/Ilustrasi
RIYADH - Arab Saudi dilaporkan telah membatalkan kunjungan seorang pejabat tinggi Israel ke Riyadh yang telah direncanakan sebelumnya. Pembatalan ini dilakukan setelah pertemuan rahasia antara Putra Mahkota Mohammad bin Salman dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada bulan lalu bocor.

Menurut laporan surat kabar Israel Yediot Aharonot, bos Mossad Yossi Cohen kemungkinan besar adalah pejabat tinggi yang akan mengunjungi ibu kota Arab Saudi.

Cohen bertanggung jawab untuk mengoordinasikan hubungan rahasia antara Israel dan negara-negara Teluk Arab sebelum normalisasi dan memiliki andil dalam meresmikan hubungan antara Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA), bersama dengan mengatur kunjungan Netanyahu ke Oman pada Oktober 2018 seperti dilansir dari Al Araby, Sabtu (5/12/2020).





Netanyahu, bersama dengan Cohen, melakukan kunjungan rahasia ke Arab Saudi pada 22 November, di mana dia tinggal di kota Neom selama sekitar tiga jam. Dia berpartisipasi dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dan Putra Mahkota Arab Saudi.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud tidak mengetahui pertemuan rahasia antara putranya dan pejabat Israel, kata sumber Arab Saudi kemudian.(Baca juga: PM Israel Kunjungi Putra Mahkota Arab Saudi, Raja Salman Tdak Diberitahu )

Pertemuan tersebut telah dibantah dan dikecam sebagai "rumor" oleh Riyadh, meskipun beberapa sumber Saudi dan Israel mengkonfirmasikan hal itu telah terjadi.(Baca juga: Menlu Saudi Bantah Putra Mahkota MBS Bertemu PM Israel Netanyahu )



Pekan lalu, terungkap bahwa Pangeran Mohammad bin Salman berencana untuk menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Presiden terpilih Joe Biden menjabat di Gedung Putih.(Baca juga: Menteri Israel Benarkan Pertemuan Netanyahu dan Putra Mahkota Saudi )
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top